alexametrics

Jokowi Yakin Produk UKM Tak Tergerus Pelambatan Perdagangan Global

loading...
Jokowi Yakin Produk UKM Tak Tergerus Pelambatan Perdagangan Global
Produk-produk UKM nasional diyakini masih memiliki pasar di tengah melambatnya perdagangan global. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Tanah Air tidak khawatir terhadap melambatnya perdagangan global. Presiden yakin masih banyak peluang di pasar global untuk produk-produk UKM nasional.

"Sebetulnya kan pasar-pasar tertentu itu masih banyak peluang. Yang benar ya seperti ini, produk-produk handicraft yang penuh dengan keterampilan tangan, hand made. Kekuatan kita ada di situ," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Jokowi meyakini produk-produk UKM Indonesia mampu bersaing dengan produk serupa dari negara lain. Produk UKM memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk yang diproduksi secara massal. "Jangan masuk yang mass product, itu kalau bersaing kita kalah dengan negara-negara yang sudah memproduksi secara massal," tandasnya.



Presiden juga meyakini produk-produk UKM nasional punya pasar tersendiri. Oleh karena itu, potensi produk UKM Tanah Air untuk bisa mendunia menurutnya terbuka sangat lebar.

"Coba dilihat produk-produk yang ada di sini (pameran KKI 2019), semuanya kelihatan kelasnya. Masuknya di situ. Kalau misalnya UKM kita masuknya ke produk-produk massal, ya kalah dengan barang-barang dari negara lain," jelasnya.

Di pasar Indonesia, produk UKM juga sudah semakin menggeliat lantaran konektivitas antarpulau di Indonesia kini sudah semakin baik. "Paling tidak kita tahu di seluruh Tanah Air sekarang ini sudah tersambung semuanya. Memang belum secepat yang kita inginkan, tapi paling tidak seluruh Tanah Air sudah tersambung semuanya," tegas Jokowi.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak