alexametrics

Neraca Dagang Juni Surplus USD200 Juta, Menkeu Minta Ekspor Terus Digenjot

loading...
Neraca Dagang Juni Surplus USD200 Juta, Menkeu Minta Ekspor Terus Digenjot
Menkeu Sri Mulyani meminta surplus neraca perdagangan terus dipertahankan untuk mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan pada Juni 2019 mengalami surplus tipis sebesar USD200 juta. Tercatat, nilai ekspor Juni sebesar USD11,78 miliar sedangkan impor USD11,58 miliar.

Posisi surplus neraca perdagangan Juni ini lebih rendah dari capaian surplus perdagangan Mei 2019 yang sebesar USD210 juta. Kendati demikian, posisi surplus yang terjadi dalam dua bulan berturut-turut ini dinilai perlu dipertahankan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun meminta agar ekspor terus digenjot. "Kita lihat nanti keseluruhan tahun saja ya, tiap tahun kan kita lihat ada yang sifatnya berpengaruh dari musiman ada juga yang sifatnya adalah tren. Yang paling penting presiden tetap meminta kepada setiap menteri bersungguh-sungguh dalam menangani masalah neraca perdagangan ini," ujar Sri Mulyani Jakarta, Senin (15/7/2019)



Sri Mulyani mengatakan, ekspor harus terus digenjot dan seluruh kebijakan di kementerian/lembaga, dikerahkan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini menurutnya pentinga agar ekspor bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai target.

"Bagi kami di Kementerian Keuangan berarti kita bicara tentang perpajakan, pajak, bea cukai dan peraturan peraturan lain yang mungkin mempengaruhi kinerja ekspor kita akan terus menerus bekerja sama dengan instansi lain dalam mendukung ekspor dan menciptakan industri dalam negeri yang lebih kuat," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak