alexametrics

Desain APBN 2020 Berisi Prioritas dan Janji Kampanye Presiden Jokowi

loading...
Desain APBN 2020 Berisi Prioritas dan Janji Kampanye Presiden Jokowi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan bahwa pemerintah telah mendesain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN 2020), untuk mendukung program pembangunan untuk tahun pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024. Desain APBN 2020, kata Sri Mulyani, berisi visi, misi, prioritas dan janji kampanye presiden terpilih Joko Widodo.

"Jadi APBN 2020 didesain dalam rangka mendukung program-program prioritas dan janji kampanye tersebut," terang Sri Mulyani usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Mengenai asumsi makro dalam APBN 2020, Menkeu mengatakan akan disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Nota Keuangan yang akan dibacakan pada Agustus mendatang. Dan asumsi ini sudah dibahas dengan DPR saat pembahasan awal.



"Kami akan mendesain untuk Nota Keuangan nanti, pertumbuhan pajaknya akan diupayakan cukup tinggi namun realistis, dimana untuk PPH dan PPN akan didesain berdasarkan pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir ini," katanya.

Namun lanjut Sri Mulyani, untuk APBN 2020 akan ada penyesuaian. Diharapkan ada penyesuaian tarif cukai maupun untuk tambahan barang kena cukai baru, seperti plastik yang bisa meningkatkan dari sisi penerimaan tapi lebih diandalkan di dalam mengendalikan konsumsi.

"Mungkin baru akan dirasakan pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak