alexametrics

Reksa Dana Investor Terbesar di Pasar Obligasi Korporasi

loading...
Reksa Dana Investor Terbesar di Pasar Obligasi Korporasi
Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra berbicara di acara Pefindo Media Forum 2019 di Jakarta, Selasa (16/7/2019). Foto/Michelle Natalia
A+ A-
JAKARTA - Reksa dana, dana pensiun, perbankan, dan asuransi merupakan investor utama di pasar obligasi korporasi dengan porsi yang cukup besar.

"Reksa dana masih mendominasi dengan investasi ke obligasi korporasi/dana kelolaan sebesar 36,08% dan porsi terhadap outstanding obligasi korporasi sebesar 27,05%. Dengan demikian, reksa dana masih menjadi pemegang obligasi korporasi terbesar," ujar Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Salyadi Saputra di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Sementara itu, lanjut dia, asuransi dan dana pensiun merupakan dua di antara investor institusi dengan proporsi kepemilikan obligasi korporasi yang cenderung menurun. Pefindo mencatat bahwa porsi investor asing masih tetap rendah bila dibandingkan di obligasi negara, yaitu 37% dibandingkan lokal 62,1%.



Salyadi mengungkapkan bahwa bila dilihat persentase kepemilikan asing di pasar saham, investor asing memiliki 52,0% dibandingkan investor lokal 48,0%. Tetapi dalam obligasi korporasi, investor asing hanya memiliki sebesar 6,3% dibandingkan 93,7% investor lokal.

"Perlu pendalaman dan pengembangan pasar lebih lanjut sehingga transaksi di pasar obligasi korporasi menjadi lebih aktif, terutama dari sisi likuiditas. Sejauh ini, kami melihat reksa dana masih sangat potensial," tutupnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak