alexametrics

Akuisisi K-Vision, IPTV Targetkan Tambahan 200.000 Pelanggan per Bulan

loading...
Akuisisi K-Vision, IPTV Targetkan Tambahan 200.000 Pelanggan per Bulan
PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/7) awal bulan ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) menandatangani perjanjian kerja sama eksklusif dengan K-Vision untuk akuisisi saham mayoritas K-Vision sebesar 60%. Akuisisi ini diharapkan semakin meningkatkan layanan serta melengkapi penawaran paket Pay TV perseroan, sekaligus memperkuat strategi untuk membuka peluang baru di segmen pasar menengah ke bawah.

Untuk diketahui, K-Vision merupakan Pay TV pra-bayar terbesar di Indonesia yang melayani segmen pasar menengah ke bawah yang membutuhkan kualitas lebih baik dengan beragam pilihan saluran Free to Air (FTA Indonesia lokal dan internasional). K-Vision menawarkan paket TV-berbayar dengan harga terjangkau melalui voucher pra-bayar serta layanan siaran melalui satelit KU-band.

"Kami sangat optimis dapat memperluas jangkauan melalui akuisisi K-Vision. Atas akuisisi ini, perseroan yakin dapat semakin memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk terus meningkatkan performa bisnis IPTV di Indonesia," ungkap Direktur Utama IPTV Ade Tjendra dalam keterangan resminya, Selasa (16/7/2019).

Tak hanya itu, imbuh dia, perseroan juga akan dapat menangkap semua segmen pasar TV-Berbayar di Indonesia. Sejalan dengan kualitas seluruh layanan perseroan yang terus meningkat, kesepakatan dengan KVision ini diyakini akan semakin memperkuat posisi sebagai perusahaan terdepan dalam industri Pay TV di Indonesia. Setelah akuisisi ini, perseroan menargetkan untuk mencapai 200.000 pelanggan baru per bulan.

Lini bisnis utama IPTV terdiri dari TV-Berbayar, fixed broadband/IPTV, dan layanan konten digital melalui anak perusahaannya, yaitu PT MNC Sky Vision Tbk (MNC Vision), PT MNC Kabel Mediakom (MNC Play), PT MNC OTT Network (MNC Now), dan PT Nusantara Vision (NV).

MNC Vision tercatat sebagai pemimpin pasar dalam bisnis TV berbayar berbasis DTH dengan pangsa pasar 96% dan memiliki basis pelanggan sekitar 2,4 juta pada 31 Desember 2018. MNC Vision menargetkan pelanggan di kota-kota menengah dan kecil.

Sementara itu, MNC Play berfokus pada penyediaan layanan broadband/IPTV tetap dan merupakan pemain ketiga terbesar di Indonesia dengan total pelanggan 262.000 pada 31 Desember 2018.

Platform OTT Perusahaan, MNC Now, berfungsi sebagai manfaat tambahan untuk MNC Vision dan pelanggan MNC Play untuk mendapatkan akses ke tayangan channel yang menjadi favorit pelanggan di mana saja dan kapan saja. Jumlah pelanggan MNC Now saat ini
berjumlah hingga 3 juta, tumbuh pesat sejak peluncuran pertama pada bulan Februari 2018.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak