alexametrics

Inpex Terima Persetujuan Revisi Rencana Pengembangan Blok Masela

loading...
Inpex Terima Persetujuan Revisi Rencana Pengembangan Blok Masela
Inpex menilai karakteristik dari revisi rencana pengembangan Blok Masela yang telah disetujui oleh pemerintah cukup kompetitif. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Inpex Corporation secara resmi telah menerima persetujuan Pemerintah Indonesia terkait revisi rencana pengembangan (Plan of Development/POD) Lapangan Abadi, Blok Masela. Pengembangan proyek di darat dipastikan akan memberikan efek berganda (multiplier effect) khususnya di Indonesia Timur.

"Proyek tersebut akan berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan kapasitas nasional Indonesia serta efek berganda khususnya di Indonesia bagian timur. Proyek ini juga akan menjadi sumber utama pasokan LNG yang stabil bagi Indonesia serta kawasan Asia dan Jepang," kata President & CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda saat konferensi pers, di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, karakteristik dari revisi rencana pengembangan yang telah disetujui oleh pemerintah cukup kompetitif. Bahkan, secara keekonomian sudah dapat diterima Inpex selaku pengembang ditinjau berdasarkan tingkat produkstivitas reservoir dan merupakan salah satu sumber gas terbesar di dunia.



Proyek ini juga merupakan proyek dengan skala besar terintegrasi pertama yang dikerjakan oleh Inpex sebagai operator setelah proyek LNG Ichthys di Australia.

"Selanjutnya Inpex akan bekerja sama dengan Shell untuk memulai Front End Engineering Design (FEED). Di mana persiapannya antara lain memilih kontraktor FEED," terang dia.

Di samping itu, imbuhnya, pemerintah juga telah menyetujui permohonan tambahan waktu perpanjangan kontrak Blok Masela selama 20 tahun hingga 2055.

Executive Vice President Venture Development Shell Clare Haris menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Inpex untuk mengembangkan proyek Lapangan Abadi Blok Masela. Pihaknya berharap kolaborasi dapat mewujudkan proyek Lapangan Abadi Masela sesuai target dalam perencanaan.

"Shell berharap dapat melanjutkan kolaborasi ini bersama Inpex dalam mewujudkan pengembangan fasilitas LNG di darat secara kompetitif serta memberikan keuntungan bagi Indonesia dalam kurun puluhan tahun ke depan," kata dia.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak