alexametrics

Sri Mulyani Estimasi Pertumbuhan Ekonomi Semester I/2019 Capai 5,1%

loading...
Sri Mulyani Estimasi Pertumbuhan Ekonomi Semester I/2019 Capai 5,1%
Pertumbuhan ekonomi di semester I/2019 diperirakan hanya sebesar 5,1%. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di semester I/2019 mencapai 5,1%. Ia juga memprediksi angka pertumbuhan ekonomi di semester II/2019 sebesar 5,2%.

"Kita lihat realisasi semester I dari sisi asumsi makro growth di 5,1%. Ini masih estimasi, karena BPS (Badan Pusat Statistik) baru akan mengeluarkan (rilis) pada Agustus. Untuk semester II/2019 growth diperkirakan di 5,2%," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dengan demikian, outlook pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun ini diproyeksikan berada di angka 5,2%. Lebih rendah dari yang tercatat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 5,3%.



Menurut Sri, pertumbuhan ekonomi masih akan ditopang sektor konsumsi rumah tangga. Sementara dari sektor investasi, diyakini akan mengalami pelemahan. "Meskipun angka konsumsi rumah tangga masih cukup kuat dan tumbuh tinggi, namun kita melihat untuk investasi mulai terjadi kecenderungan melambat," jelasnya.

Melambatnya pertumbuhan investasi ini disebut terjadi akibat adanya tekanan dari perekonomian global. Perang dagang antara Amerika Serikat dan China dinilai berdampak cukup negatif terhadap perekonomian banyak negara di dunia. "Dan juga adanya tekanan suku bunga yang meningkat menyebabkan FDI (Foreign Direct Investment) mengalami perlambatan," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak