alexametrics

Semester I, Defisit APBN Melebar Capai Rp135,8 Triliun

loading...
Semester I, Defisit APBN Melebar Capai Rp135,8 Triliun
Pemerintah mencatat defisit APBN hingga semester pertama melebar menjadi Rp135,8 triliun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencatat, defisit APBN pada smester I/2019 mencapai Rp 135,8 triliun. Angka itu melebar dibandingkan defisit pada periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp110,6 triliun.

"Total defisit anggaran sampai semester satu adalah Rp135,8 triliun, dalam hal ini lebih besar dibandingkan defisit semester satu tahun lalu sebesar Rp 110,6 triliun," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dia mengatakan, melebarnya defisit APBN dikarenakan belanja negara sepanjang semester satu lebih besar dibandingkan penerimaan. "Realisasi APBN semester satu dilihat dari postur adalah sebagai berikut, pendapatan negara tercapai Rp898,8 triliun atau 41,5% dari target, sementara itu, belanja yang sudah digelontorkan adalah Rp1.034,5 triliun atau 42% dari target tahun 2019," paparnya.



Pertumbuhan belanja negara tercatat tumbuh 9,6%, terdiri dari belanja kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp342,3 triliun, atau tumbuh 15,7%, dan belanja non-K/L Rp288,2 triliun atau tumbuh 9,8%.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menegaskan bahwa defisit APBN tidak akan lebih besar kedepannya. Pemerintah, kata dia, akan menyusun beberapa langkah dan strategi untuk mengatasi pelebaran defisit tersebut.

"Tidak terlalu terjadi deviasi dari sisi pembiayaan yang menimbulkan persoalan yang signifikan di dalam pembiayaan dari defisit yang meningkat tersebut," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak