alexametrics

Danamon Targetkan Penyaluran KPR Rp10 Triliun hingga Akhir Tahun

loading...
Danamon Targetkan Penyaluran KPR Rp10 Triliun hingga Akhir Tahun
Bank Danamon menargetkan penyaluran KPR sebesar Rp10 triliun hingga akhir tahun ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk menargetkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) mencapai Rp10 triliun hingga akhir tahun 2019. Hingga saat ini, penyaluran KPR Danamon telah mencapai Rp8,6 triliun.

Secured Business Head of Bank Danamon Baraningrum mengatakan, bisnis KPR saat ini masih menunjukan pertumbuhan di tengah tantangan stagnasi penjualan rumah. "Kita di lima tahun terakhir dalam masa survive untuk bisnis KPR. Itu disebabkan adanya penurunan penjualan karena investasi dibatasi," ucap Baraningrum di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dari berbagai survei yang dilakukan sejumlah media maupun lembaga riset, disimpulkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial di rentang usia 25-35 tahun masih sangat rendah dalam hal menyisihkan dana untuk memiliki rumah. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat kepemilikan rumah di Indonesia, yaitu jauh di bawah separuh dari total populasi kelompok usia milenial yang ada.



"Tingkat pemahaman atau literasi dalam hal keuangan di tengah-tengah masyarakat tentu akan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya penetrasi jasa layanan keuangan khususnya perbankan di Indonesia. Bank Danamon menyadari hal ini dan akan terus mendukung upaya pemerintah melalui kegiatan-kegiatan edukasi produk dan layanan perbankan kepada publik," kata Baraningrum.

Sementara, perencana keuangan Prita Ghozie menjelaskan seputar mengelola keuangan mengatakan, memiliki hunian seharusnya jadi tujuan hidup milenial. Namun tantangannya saat ini menurutnya adalah banyaknya penawaran pinjaman online untuk keperluan konsumtif seperti membeli kendaraan atau gadget yang menyebabkan rencana memiliki hunian jadi terbengkalai. "Cash flow harus difokuskan untuk membeli hunian dan tahan belanja yang tidak perlu," ujar Prita.

Prita mengatakan bahwa memiliki rumah harus menjadi salah satu tujuan keuangan yang penting bagi kaum muda. Oleh sebab itu, perencanaan harus dilakukan dengan baik dan dapat dimulai sejak seseorang memiliki penghasilan. Pilihannya dapat menggunakan berbagai instrumen dan layanan perbankan yang tersedia di pasar saat ini. "Punya rumah bisa diwariskan ke anak cucu apabila tidak ditempati dan masih banyak manfaat lainnya selain ditempati," ujarnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak