alexametrics

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Cetak Rebound

loading...
Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Cetak Rebound
Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini, menjelang akhir pekan diprediksi bakal mencetak rebound alias berbalik menguat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini, menjelang akhir pekan diprediksi bakal mencetak rebound alias berbalik menguat, setelah mendapatkan tekanan dalam dua hari belakangan. Dorongan datang dari adanya sentimen eksternal yang cenderung positif.

Hal ini menyusul arah pemangkasan suku bunga yang semakin menguat untuk membuat dollar melemah. Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengutarakan, penguatan rupiah kemungkinan akan terbuka

"Dollar AS berbalik melemah sejak semalam terhadap mata uang utama dunia karena rilisan laporan IMF yang mengatakan bahwa dollar AS telah mengalami overvalue sebesar 6-12%. Ini mengisyaratkan bahwa arah pemangkasan suku bunga acuan AS sudah benar," ujar Ariston di Jakarta, Kamis (18/7/2019).



Dia menambahkan, dampak dari hal tersebut bakal membuat rupiah bisa lebih menguat terhadap dollar AS hari ini. Namun penguatan bisa saja terbatas karena pasar menantikan hasil rapat dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini.

"Hari ini yang diekspektasikan terjadi pemangkasan suku bunga acuan BI sebesar 25 bps. Jadi kemungkinannya USD terhadap IDR bakal bergerak di kisaran Rp13.900 per USD hingga Rp14.050/USD," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak