Gubernur BI Prediksi The Fed Bakal Turunkan Suku Bunga Tahun Ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 17:56 WIB
Gubernur BI Prediksi The Fed Bakal Turunkan Suku Bunga Tahun Ini
Gubernur BI Prediksi The Fed Bakal Turunkan Suku Bunga Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memperkirakan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve akan menurunkan suku bunga acuan pada tahun ini. Prediksi ini berdasarkan situasi perang dagang antara dua negara ekonomi besar dunia, AS dan China yang diperkirakan masih berlanjut.

"Kemungkinan The Fed akan menurunkan (suku bunga) di tahun ini. Karena perang dagang, ekonomi Amerika Serikat melambat. The Fed akan turunkan sekali (suku bunga) di tahun ini," terang Perry di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Menurut Perry, BI akan terus memantau perkembangan kondisi eskternal yang mana bisa memberikan tekanan pada perekonomian Indonesia.

"The Fed akan turunkan sekali ini (suku bunga) tahun ini. Kita akan terus pantau dari Rapat Dewan Gubernur tiap bulan ke bulan, mencermati apa yang dilakukan oleh The Fed," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, mengatakan dalam mengantisipasi The Fed, BI telah banyak mengendurkan likuiditas.

"Kita melihat The Fed, kebijakannya akan melandai dan mengendurkan likuiditas dan kita sudah agresif dengan memberikan likuiditas term repo, yang mana telah dibuat reguler dan tenor term reponya diperpanjang," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7880 seconds (0.1#10.140)