alexametrics

BI Ramal Inflasi Juli Capai 0,2% Dipengaruhi Harga Cabai

loading...
BI Ramal Inflasi Juli Capai 0,2% Dipengaruhi Harga Cabai
Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juli 2019 sebesar 0,2% secara month to month (mtm) dan 3,2% year on year (yoy). Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juli 2019 sebesar 0,2% secara month to month (mtm) dan 3,2% year on year (yoy). Hal ini berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan bank sentral selama minggu ketiga bulan ini.

"Satu mengenai survei pemantauan harga berdasarkan pemantauan harga minggu ketiga bulan Juli itu inflasi sebesar 0,2% mom kalau yoy 3,2%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Dia menerangkan, inflasi tercatat di beberapa komoditas seperti cabai merah dan sumbangnya besar 0,15% sedagkan cabai rawit 0,1% dan emas perhiasan mencapai 0,04%. Namun terdapat beberapa bahan komoditas yang mengalami penurunan harga.



"Kalau yang turun seperti angkutan antar kota 0,08% bawang merah 0,05 % dan daging ayam ras 0,03%. Jadi kesimpulannya dari suveri pemantauan harga inflasi bulan Juli rendah dan mengkonfirmasi lebih rendah dibandingkan dua bulan sebelumnya," katanya.

Menurutnya angka tersebut menunjukkan bahwa inflasi semakin terjaga rendah dan stabil hingga bulan ketujuh tahun ini ini. Sehingga inflasi pada akhir tahun 2019 diproyeksikan masih akan berada tengah-tengah di bawah kisaran 3,5%. "Insya Allah inflasi akhir tahun akan di bawah 3,5% plus minus 1%," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak