Kementan Beri Bantuan 7 Cultivator untuk Petani Meranti

Jum'at, 19 Juli 2019 - 23:53 WIB
Kementan Beri Bantuan 7 Cultivator untuk Petani Meranti
Kementan Beri Bantuan 7 Cultivator untuk Petani Meranti
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk petani Kepulauan Meranti, Riau. Bantuan alsintan ini terdiri dari 7 unit cultivator atau alat untuk pengolahan tanah, dan diserahkan kepada kelompok tani dalam bulan Juli ini.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan bantuan alsintan ini ditujukan agar produksi pertanian di Meranti bisa meningkat.

"Tahun 2019, bantuan alsintan untuk Meranti dari APBN, sudah diserahkan secara simbolis pada beberapa waktu lalu. Semua kecamatan itu akan menerima bantuan itu melalui Gapoktan," kata Sarwo Edhy, Jumat (19/7/2019).

Sarwo Edhy berharap, bantuan alsintan yang diberikan Kementan kepada petani melalui Poktan ataupun Gapoktan dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

"Jangan sampai alsintan hanya disimpan di rumah atau dijual. Karena itu harus dioptimalkan supaya tepat sasaran," ujarnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura (Disbunhorti) Meranti, Tengku Efendi, mengatakan 7 unit mesin cultivator tersebut sudah berada di kantornya. Pengadaan alat tersebut dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

"Pengadaannya melalui Tugas Pembantuan (TP) Mandiri Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019. Namun penyalurannya ke daerah melalui Dinas Perkebunan Riau," katanya.

Ia menjelaskan, pengadaan alsintan tersebut merupakan usulan pada tahun anggaran sebelumnya (2018). Artinya kelompok yang menerima bantuan telah mengajukan proposal setahun yang lalu.

"Jadi, permintaan alsintan ini dilakukan setelah ada usulan dari kelompok tani sebelum dimulainya tahun anggaran. Bukan setelah ada alat, baru dicarikan kelompok yang menerimanya," jelas Tengku Efendi.

Staf Bidang Sarana dan Prasarana Disbunhorti, Dedi Fauzan, merincikan 7 unit alsintan akan diberikan kepada kelompok tani di Desa Gogok sebanyak 2 unit, kelompok tani dari Desa Kundur 1 unit, kelompok tani Desa Gemala Sari 1 unit, kelompok tani dari Desa Topang 1 unit. Selain itu, kelompok tani di Desa Tanjung Pisang 1 unit dan kelompok tani dari Desa Mekar Sari 1 unit.

"Nanti sebelum diserahkan, tim dari Disbun Riau akan melaukan verfikasi terlebih dahulu. Termasuk memastikan lokasi dan keberadaan kelompok tani yang akan menerimanya," katanya.

Menurutnya, selama ini kelompok tani yang akan menerima alsintan tersebut masih menggunakan peralatan manual. Sehingga dengan adanya bantuan ini membantu meningkatkan hasil produksi mereka.

"Mudah-mudahan bulan ini sudah diserahkan secara langsung kepada seluruh kelompok tani. Supaya bisa segera digunakan untuk memaksimalkan hasil produksi pertanian," terangnya.

Ia berharap kepada kelompok tani yang akan menerima bantuan alsintan ini dapat menjaga dan merawatnya dengan baik. "Nanti tanggung jawab untuk merawat dan memperbaiki cultivator ini dilakukan kelompok tani penerima," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)