alexametrics

Di OFID, Sri Mulyani Ingatkan Tantangan Perubahan Ekonomi Global

loading...
Di OFID, Sri Mulyani Ingatkan Tantangan Perubahan Ekonomi Global
Menkeu Sri Mulyani pimpin pertemuan lembaga keuangan negara anggota OPEC di Austria. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memimpin pertemuan para Menteri sebagai Ketua Ministerial Council dari OFID (The OPEC Fund for International Development) di Wina, Austria.

OFID sendiri adalah organisasi lembaga keuangan yang didirikan tahun 1975 di Aljazair, mengumpulkan sumbangan dari negara-negara OPEC untuk membantu negara-negara berkembang dan miskin dalam mencapai tujuan pembangunan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran.

Dalam pertemun ini, membahas strategi OFID kedepan dari segi keuangan dan operasional, dengan perubahan ekonomi dunia yang sangat besar, kebutuhan pembangunan yang semakin meningkat. Sementara ekonomi negara OPEC justru mengalami tekanan berat dengan gejolak harga minyak dan gerakan global untuk mengurangi konsumsi minyak dan gas.



"Tantangan OFID bagaimana tetap menjadi lembaga pembiayaan pembangunan secara global, tetap relevan, lincah dan fleksibel serta efektif. OFID harus berubah dan reformasi internal untuk mengubah model bisnis, cara kerja, tata kelola, transparansi dan strategi keuangan (pinjaman, hibah dan sumber pendanaan) harus diubah secara fundamental," ujar Sri Mulyani seperti dikutip dalam akun instagram di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Dia mengatakan dana OFID yang merupakan kontribusi negara OPEC, dengan cadangan mencapai USD7,7 miliar dengan total komitmen mencapai USD23,4 miliar dan pencairan pinjaman mencapai USD16,1 miliar. Hal itu dilakukan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

"Pembangunan bidang energi, transportasi, air bersih, proyek pertanian, kesehatan dan lain-lain untuk berbagai negara di Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan Timur Tengah dan Eropa," katanya.

Dia pun juga memberikan dukungan reformasi OFID kepada Dirjen OFID baru Abdulhamud Al Khalifa dari Arab Saudi.

"Saya telah menyelesaikan tugas sebagai pimpinan Ministerial Council dan menyerahkan kepemimpinan selanjutnya kepada Menteri Keuangan Iran Farhan Dejpasand dan wakilnya Menteri Keuangan Iraq Fuad Husain. Saya ucapkan selamat bekerja kepada Dirjen dan seluruh manajemen dan staf OFID," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak