alexametrics

Hulu Migas Dukung Ekonomi dan Industri di Daerah

loading...
Hulu Migas Dukung Ekonomi dan Industri di Daerah
Kegiatan eksplorasi hulu migas. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kegaiatan hulu migas disebut berhasil meggerakkan perekonomian dan industri di daerah. "Sebagai salah satu pionir penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kegiatan industri hulu migas ternyata memberikan kontribusi lainnya," ujar Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi, Syaifuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/7/2019).

Menurut dia, sektor hulu migas merupakan satu satu sektor usaha nasional yang telah memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, industri hulu migas di Indonesia masih memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian, baik lokal maupun nasional.



Saat ini, SKK Migas terus berupaya menggandeng minat investor untuk meningkatkan aktivitas hulu migas melalui kegiatan eksplorasi demi menemukan cadangan migas baru.

Kementerian ESDM mencatat, per April 2019, porsi pemanfaatan gas bumi untuk dalam negeri mencapai 64%. Sebaliknya ekspornya turun menjadi 36%. Pemanfaatan domestik tersebut secara rinci untuk industri sekitar 25%, pupuk 12,2%, kelistrikan 11%, LNG domestik 10,6%, lifting minyak 3,2%, LPG domestik 1,7%, bahan bakar gas 0,14% dan pipa gas kota 0,07%.

Pertama kali porsi gas domestik lebih besar dari ekspor terjadi pada tahun 2013, yakni sebesar 53%. Hingga saat ini, porsi gas domestik tersebut terus meningkat dan bisa signifikan mencapai 64%.

Bila kita tengok ke belakang, data 10 tahun yang lalu atau tahun 2009, porsi pemanfaatan gas domestik hanya 47%, bahkan tahun 2003 hanya sebesar 25%.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak