Menko Darmin Minta Pemda Lebih Inovatif Dalam Menekan Inflasi

Kamis, 25 Juli 2019 - 16:19 WIB
Menko Darmin Minta Pemda Lebih Inovatif Dalam Menekan Inflasi
Menko Darmin Minta Pemda Lebih Inovatif Dalam Menekan Inflasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih inovatif dalam mengendalikan inflasi. Dia pun berharap pemerintah daerah bisa lebih berperan aktif dalam menekan angka inflasi, salah satunya dengan memanfaatkan infrastruktur utama yang sudah dibangun oleh pemerintah.

"Dengan infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah pusat, seharusnya pemerintah daerah bisa membangun jalan-jalan ke sentra industri yang ada di daerah. Jika industri di daerah berkembang, maka pasokan juga akan berlimpah," ujar Menko Darmin di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, apabila stok berlimpah maka harga pun akan terkendali selain itu jalan-jalan penghubung juga bisa memperlancar distribusi barang. "Ke depan, pemerintah daerah diharapkan semakin berperan aktif mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang telah dibangun serta melakukan inovasi pengendalian inflasi," jelasnya.

Dia mengungkapkan selama empat tahun ini pemerintah sudah berhasil menekan angka inflasi di kisaran 3%. Namun usaha tersebut juga tidak terlpeas dari usaha bersama antara pemerintah serta Bank Indonesia untuk terus mendorong pemerintah daerah agar melakukan inovasi.

"Apa yang sudah dilakukan pemerintah melalui strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif) dalam menjaga inflasi akan terus dilanjutkan untuk mencapai target inflasi pada 2019 ini," jelasnya.

Sambung dia mengaku, masiha da beberapa daerah yang realisasi inflasinya di luar atau di atas sasaran inflasi nasional. Di mana pada tingkat provinsi, terdapat 5 provinsi berada di atas sasaran, sedangkan pada tingkat kabupaten kota terdapat delapan yang berada di atas sasaran.

"Terjaganya realisasi inflasi 2018 tentu tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan pemerintah bekerja sama dengan Pemda dan BI melalui implementasi strategis 4K: keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)