Pemesanan Meroket 400% di Semester I/2019, Blibli Dongkrak Bisnis UMKM

Jum'at, 26 Juli 2019 - 19:49 WIB
Pemesanan Meroket 400% di Semester I/2019, Blibli Dongkrak Bisnis UMKM
Pemesanan Meroket 400% di Semester I/2019, Blibli Dongkrak Bisnis UMKM
A A A
JAKARTA - Mal online Blibli.com menegaskan komitmen untuk terus menopang dan mendorong perkembangan industri ritel dengan meningkatkan pengalaman berbelanja melalui berbagai fitur dan inisiatif berbasis teknologi. Sejalan dengan hal itu perkembangan bisnis Blibli secara year-on-year (yoy) hingga Juni 2019 menunjukkan peningkatan yang tercermin dari performa ke-16 kategori.

Bliblimart, kategori untuk kebutuhan sehari-hari mengalami pertumbuhan merchant partner hingga 250% dan peningkatan pemesanan hingga 400% di semester pertama 2019. Kategori khusus produk UMKM lokal, Galeri Indonesia, mengalami peningkatan merchant partner hingga 250% dan penambahan produk hingga 380% di semester pertama 2019.

Selain Galeri Indonesia, kategori fashion Blibli.com juga turut mengembangkan bisnis lokal. Sekira 50% brand fashion yang ada di kategori tersebut merupakan karya desainer-desainer Indonesia. Kategori ini juga menyesuaikan dengan tren pasar fashion Indonesia khususnya modest wear.

"Kami memulai bisnis ini dengan sederhana, kini telah berkembang menjadi mal online terkemuka di Indonesia. Turut mendorong perekonomian dan mengembangkan ekosistem digital merupakan kontribusi yang kami ingin terus lakukan. Misi Blibli.com ke depannya adalah membantu membangun masyarakat cashless serta pemberdayaan sumber daya manusia," ujar Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam perayaan ulang tahun Blibli ke-8 mengingatkan, agar e-commerce meningkatkan peran dan kontribusinya terhadap ekonomi. Salah satunya mendorong produk lokal untuk menekan impor hingga akhirnya dapat memperbaiki defisit neraca perdagangan.

"Defisit negara kita dikatakan karena e-commerce, bisa iya bisa tidak. Jawabannya iya, kalau sifatnya B2C. Berbeda hal dengan C2C, misalnya saya membeli barang dengan kelas UKM, saya beli dari distributor agen Indonesia. Distributor agen inilah yang harus kita ajak supaya tidak banyak impor. Dari segi tatanan regulasi karena Blibli.com mendorong pembelian produk lokal terutama dari UMKM, saya sangat mengapresiasinya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Dia menambahkan, kontribusi ekonomi digital diprediksi bisa mencapai USD130 miliar pada tahun 2020 atau lebih besar dari negara kawasan ASEAN lainnya. "Pencapaian Indonesia dalam ekonomi digital sangatlah pesat, untuk Blibli.com menjadi unicorn, saya rasa hanya tinggal masalah waktu," tambahnya.

Sedangkan CEO Blibli.com Kusumo Martanto menambahkan, melalui kompetisi The Big Star sebagai ajang persaingan antar UMKM diharapkan bisa memperbesar Galeri Indonesia. "Memang hadiah bagi pemenangnya mencapai Rp1 miliar, tetapi hal yang terpenting adalah pembinaan kepada UMKM itu, misalnya bagaimana menangani pesanan dalam jumlah besar," terang Kusumo.

Mengambil tema "Kebahagiaan Nggak Habis-Habis/Infinite Happiness" di hari jadi ke-8, Blibli.com memberikan apresiasi kepada pelanggannya melalui sejumlah promo dan hadiah menarik. Program spesial ini di antaranya adalah potongan harga 88% dan ekstra diskon hingga Rp888 ribu selama 8 hari (24-31 Juli 2019), flash sale, hingga ekstra diskon 8% dari mitra perbankan.

Blibli.com juga memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk memenangkan hadiah berupa 1 unit apartemen, 8 mobil, 8 sepeda motor, dan 8 paket wisata menarik. Caranya adalah dengan mengikuti permainan (game) "Gemetar" selama periode 1 Juli hingga 30 September 2019.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4931 seconds (0.1#10.140)