alexametrics

Tokopedia Bantah Dapat Modal Asing dari Singapura

loading...
Tokopedia Bantah Dapat Modal Asing dari Singapura
Tokopedia menegaskan, tidak mendapatkan kucuran investasi dari Singapura serta membantah mempunyai induk perusahaan di negara lain. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menanggapi pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong yang menyebutkan Tokopedia termasuk dalam empat perusahaan rintisan (startup) Indonesia yang diklaim Singapura. Pihak Tokopedia menegaskan, tidak mendapatkan kucuran investasi dari Singapura.

"Seluruh penanaman modal terhadap Tokopedia masuk ke Indonesia sebagai penanaman modal langsung (FDI). Jadi, seluruh investasi yang diterima Tokopedia masuk melalui induk perusahaan kami di Indonesia," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak di Jakarta, Selasa (30/9/2019).

Sebelumnya Kepala BKPM Tom Lembong mengungkapkan, hal itu terungkap dalam riset yang dibuat oleh Google dan juga Temasek mengenai pertumbuhan ekonomi digital di negara kawasan Asia Tenggara. Dalam riset tersebut, keempat unicorn kebanggan Indonesia yakni Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka. itu justru tercantum atas nama Singapura.



Namun Nuraini menekankan, sejak awal Tokopedia didirikan selaku PT Indonesia. Saat ini, Tokopedia terdaftar sebagai PMA, dimana seluruh perizinan dari BKPM sudah didapatkan. "Kami juga berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan Indonesia dan menaati seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia," tegasnya.

Dia pun membantah mempunyai induk perusahaan di negara lain, dimana sejak awal PT Tokopedia selalu beroperasi di Indonesia. "Kami hanya memiliki anak perusahaan kecil di Singapura untuk mendukung sebagian upaya riset dan pengembangan induk perusahaan Tokopedia yang ada di Indonesia," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak