alexametrics

Beijing Siap Membalas Ancaman Tarif dari Donald Trump

loading...
Beijing Siap Membalas Ancaman Tarif dari Donald Trump
Beijing mengatakan siap membalas ancaman tarif dari Donald Trump. Foto/Istimewa
A+ A-
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China angkat bicara soal ancaman tarif terbaru dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Melansir dari CNBC, Jumat (2/8/2019), Beijing mengatakan AS harus melepaskan ilusinya dan ikut bertanggung jawab terhadap perlambatan ekonomi global dengan kembali ke jalur negosiasi untuk menyelesaikan perang dagang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan dalam konferensi pers, bahwa Beijing siap mengambil tindakan balasan jika AS benar-benar mengenakan tarif tambahan 10% terhadap produk impor China.

Pemerintah China, kata Hua, tidak ingin melakukan perang dagang dengan AS, namun tambah dia, negaranya tidak takut untuk perang dagang.



Sehari sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif baru sebesar 10% untuk produk impor China senilai USD300 miliar, yang akan berlaku mulai 1 September mendatang.

Langkah Trump tersebut mematahkan gencatan senjata perang dagang yang telah berlangsung antara Washington dan Beijing pada KTT G20 di Osaka Jepang, di awal Juli lalu.

Ancaman Trump ini memberi kejutan bagi pasar keuangan, karena sebelumnya kedua negosiator dari kedua negara baru saja bertemu di awal pekan ini di Shabghai.

Diplomat senior China, Wang Yi, mengatakan tarif baru tersebut bukan metode yang benar untuk menyelesaikan konflik dagang selama ini. Perang dagang AS dan China telah mengguncang pasar ekonomi selama lebih dari setahun, dan berdampak nyata terhadap perubahan ekonomi di seluruh dunia.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak