Sri Mulyani Minta BUMN Beri Ruang bagi Swasta di Sektor Infrastruktur

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 17:30 WIB
Sri Mulyani Minta BUMN Beri Ruang bagi Swasta di Sektor Infrastruktur
Sri Mulyani Minta BUMN Beri Ruang bagi Swasta di Sektor Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta badan usaha milik negara (BUMN) memberikan ruang untuk swasta di sektor infrastruktur. Hal itu untuk mendukung masuknya investasi sebanyak-banyaknya ke Indonesia.

"Kalau investasi kita ingin tumbuh di atas 7% atau 8% atau bahkan double digit, maka kita perlu meningkatkan peranan swasta lebih banyak lagi," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Sri Mulyani mengatakan, saat ini proyek infrastruktur didominasi oleh BUMN. Oleh sebab itu, kata dia, perlu kebijakan untuk membatasi nilai investasi BUMN dalam menggarap proyek-proyek infrastruktur.

"Harus dibuat gap mengenai berapa jumlah nilai investasi yang BUMN boleh ikut. Ini semua tujuannya adalah karena kita menyadari bahwa peranan swasta itu penting," tegasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu membeberkan, untuk meningkatkan peran swasta di sektor lain, pemerintah juga memberikan insentif berupa tax holiday. Semua itu, tegas dia, dilakukan untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

"Perbaikan iklim investasi, proses mendapatkan izin dipermudah, itu semuanya adalah bagian dari upaya kita untuk menyeimbangkan peranan dari swasta BUMN," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8984 seconds (0.1#10.140)