Wapres JK Minta Transformasi Ekonomi Ditingkatkan

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 13:20 WIB
Wapres JK Minta Transformasi Ekonomi Ditingkatkan
Wapres JK Minta Transformasi Ekonomi Ditingkatkan
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta agar transformasi ekonomi terus ditingkatkan lagi. Menurutnya, transformasi juga perlu dilakukan di setiap sektor sehingga berdampak lebih besar kepada perekonomian secara keseluruhan.

"Jadi di beberapa tempat sebenarnya sudah transformasi, tapi harus lebih banyak lagi. Masig banyak sumber daya yang harus kita impor," ujar JK di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Karena masih ada beberapa sektor yang membutuhkan impor dari luar negeri dalam jumlah signifikan, seperti misalnya impor migas, maka Indonesia pun masih terus dibayangi defisitnya neraca perdagangan.

Padahal, kata JK, jika Indonesia mampu menjalankan transformasi secara keseluruhan, misalnya dilakukan pada komoditas sawit untuk dikembangkan di dalam negeri menjadi pengganti bahan bakar minyak (BBM), maka dampaknya akan sangat baik bagi perekonomian secara keseluruhan.

"Sebenarnya Indonesia sudah berjalan dalam transformasi itu, tapi kita butuh lebih cepat lagi. Contohnya sawit, dari CPO menjadi minyak goreng dan produk hilr lainnya," ucapnya.

Selain itu, lanjut JK, pemerintah juga sebenarnya sudah melakukan transformasi di sektor energi dan sumber daya alam (SDA). Transformasi SDA ini dilakukan dengan melakukan pembangunan smelter di daerah-daerah. "Bicara mineral, mengekspor mineral dari sisi pembangunan smelter itu juga melakukan transformasi agar kita dapat nilai tambah," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7500 seconds (0.1#10.140)