alexametrics

YLKI Imbau Tak Gunakan Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

loading...
YLKI Imbau Tak Gunakan Kantong Plastik untuk Bungkus Daging Kurban
YLKI mengimbau masyarakat tak menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Umat Islam saat ini tengah merayakan Idul Adha 1440 Hijriyah. Perayaan Idul Adha ditandai dengan pemotongan hewan kurban, dan dilanjutkan dengan pembagian daging kurban.

Terkait dengan itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau agar daging kurban tidak dibagikan dengan pembungkus kantong plastik. YLKI mengimbau agar panitia Idul Adha menyiapkan dan membungkus daging kurban dengan bungkus nonplastik. Pengurangan penggunaan kantong plastik sangat penting untuk menekan konsumsi sampah plastik.

"Ingat, Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi di Jakarta, Minggu (11/8/2019).



Kalau pun harus dengan pembungkus kantong plastik, lanjut dia, panitia penyembelihan daging kurban sebaiknya memastikan dua hal. Pertama, panitia harus menjamin bahwa plastik yang digunakan merupakan jenis plastik yang ramah lingkungan, jenis plastik yang gampang/mudah diurai oleh lingkungan (bio degradable).

Lalu kedua, panitia juga menjamin bahwa jenis plastik yang digunakan adalah jenis food grade, jenis plastik yang aman untuk pembungkus makanan, termasuk daging kurban. "Jangan sampai daging kurban dibungkus dengan tas kresek warna hitam," ujarnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak