alexametrics

BI Tegaskan Masih Ada Ruang untuk Longgarkan Kebijakan

loading...
BI Tegaskan Masih Ada Ruang untuk Longgarkan Kebijakan
Bank Indonesia siap melonggarkan kebijakan mengantisipasi dinamika perekonomian global. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan masih mempunyai ruang untuk melonggarkan kebijakan, baik makroprudensial ataupun kebijakan moneter. Namun eksekusinya akan tergantung dari pengaruh faktor eksternal ke dalam negeri.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, jika secara global sudah terlihat adanya perlambatan ekonomi serta perang dagang makin memburuk, maka negara-negara secara umum akan lebih membutuhkan kebijakan moneter yang sifatnya longgar.

"Artinya kalau mereka sudah mulai melonggarkan kebijakan moneter, maka di domestik akan berdampak dengan terbukanya ruang untuk melonggarkan kebijakan kita," ujarnya di Jakarta, Minggu (11/8/2019).



Namun, kata Destry, yang harus dilihat untuk pertamakalinya adalah stabilitas. Jika stabilitas yang dilihat dari inflasi sudah mulai terkendali serta nilai tukar relatif stabil, maka selanjutnya adalah bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Tentunya salah satu kebijakan moneter apakah penurunan suku bunga itu hanya jadi satu bagian dari satu rangkaian kebijakan yang secara keseluruhan untuk mendorong Pertumbuhan ekonomi sendiri," ungkapnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak