Pelemahan Yuan Bisa Mempengaruhi Ekonomi Indonesia

Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:21 WIB
Pelemahan Yuan Bisa Mempengaruhi Ekonomi Indonesia
Pelemahan Yuan Bisa Mempengaruhi Ekonomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pelemahan mata uang China, yuan akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Mulai dari nilai tukar rupiah sampai dengan pergerakan harga saham.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pemerintah terus memantau pergerakan yuan. Hal ini dilakukan untuk melihat implikasi dan risiko dari pergerakan yuan tersebut. Ia pun menceritakan mengenai sejarah pergerakan nilai tukar yuan, dimana sekarang menembus 7 yuan per USD.

Dan ini merupakan lanjutan dari perang dagang AS dengan China yang telah merambah ke perang mata uang.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah telah menyiapkan kemungkinan risiko yang bisa saja terjadi atas pelemahan nilai tukar yuan.

"Pertama, transmisi dari pengaruh global ini, suka atau tidak suka pasti akan terasa. entah dalam bentuk nilai tukar rupiah kita akan terpengaruh, indeks harga saham kita, bonds yield kita, SBSN kita, itu semuanya akan terpengaruhi," katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Selasa (13/8/2019).

Dia mengatakan salah satu cara untuk tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5% adalah dengan terus menggenjot investasi, peningkatan infrastruktur, ketrampilan sumber daya manusia, dan pemberian insentif kepada investor.

"Maka kita harus meyakinkan pertumbuhan itu harus dipacu dari investasi. Oleh karena itu, investasi yang terutama berasal dan bisa mencapai capital inflow harus jadi salah satu tugas paling penting. Dan kita perbaiki daya kompetisi kita," ungkapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.1280 seconds (0.1#10.140)