alexametrics

Cirebon Costume Carnival 2019 Siapkan Total Hadiah Rp50 Juta

loading...
Cirebon Costume Carnival 2019 Siapkan Total Hadiah Rp50 Juta
Cirebon Costume Carnival 2019 Siapkan Total Hadiah Rp50 Juta
A+ A-
CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon bersiap menggelar hajat besar. Kegiatan tersebut bertajuk Cirebon Costume Carnival 2019. Tak tanggung-tanggung, panitia menyiapkan hadiah total Rp50 juta untuk para pemenang.

Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, Cirebon Costum Carnival 2019 digelar untuk memeriahkan hari jadi Kota Cirebon ke-650. Rencananya, kegiatan akan berlangsung pada 1 September mendatang. Gelaran ini dipastikan meriah karena terbuka untuk umum, dengan beberapa kategori.

“Semua boleh ikut. Instansi, perusahaan, sekolah, komunitas, paguyuban, dan lain-lain. Pendaftaran dibuka tanggal 15-28 Agustus, dengan biaya hanya Rp65 ribu/ kelompok,” ujarnya, Rabu (14/8/2019).



Secara rinci, ada empat kategori peserta yang akan unjuk kreativitas. Kategori pertama dari instansi pemerintah/ TNI/ Polri/ SKPD/ BUMN/ BUMD. Kategori kedua terdiri dari perhotelan/ mal/ pusat perbelanjaan/ perusahaan swasta. Kemudian kategori ketiga diisi kelompok pelajar/ perguruan tinggi/ sekolah. Sementara di kategori terakhir atau keempat meliputi RW/ OKP/ ormas/ komunitas/ paguyuban etnis daerah.

Nashrudin memastikan, Cirebon Costum Carnival 2019 akan penuh dengan warna. Terlebih, ada tiga tema yang bisa dipilih peserta. Yaitu Charming Cirebon, Exotic Cirebon, dan Cirebon Ayu. Sementara tagline yang diangkat pun cukup memikat, yakni ‘Dari Cirebon untuk Dunia’.

“Adapun persyaratan peserta, untuk masyarakat umum tanpa ada batas usia. Tiap kelompok minimal 10 orang dan maksimal 20 orang. Setiap kelompok wajib membawa nama identitas sendiri, wajib memakai kacamata hitam, dan tidak diperkenankan mengunakan kendaraan saat pawai. Peserta bebas menggunakan kostum adat nasional atau internasional,” bebernya.

Sedangkan untuk kriteria penilaian, antara lain kreativitas peserta. Meliputi kostum, yel-yel, kerapian, kekompakan, dan perlengkapan lainnya. Kemudian kreativitas kacamata dan isi pesan, serta memenuhi challenge yang ditentukan panitia.

Terkait rute, nantinya para peserta akan dilepas dengan start di Jalan Siliwangi (depan Balai Kota Cirebon). Kemudian check point 1 di depan Asia Toserba, check point 2 di Jl. Bahagia, dan finish di depan Gedung BAT Cirebon.

“Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik website disnaker.cirebonkota.go.id. Atau intip Instagram @disnakercirebonkota dan @carubannagari650, serta Facebook disnakerkotacirebon. Boleh juga langsung ke Sekretariat Panitia Hari Jadi Cirebon ke-650, atau hubungi Ramdan di nomor 0897-6562-918,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya optimis, Cirebon Costum Carnival 2019 tidak kalah menarik dengan event-event sejenis yang digelar daerah lain. Bahkan, ia yakin acara ini lebih meriah karena ada tiga tema yang bisa dipilih peserta. Mereka juga bebas memilih costum adat, bisa nasional bahkan internasional.

“Selamat hari jadi ke-650 tahun untuk Kota Cirebon. Masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan dan mematangkan gelaran Cirebon Costum Carnival 2019. Ini bisa menjadi moment yang tepat untuk sekaligus mempromosikan pariwisata Kota Cirebon,” ucapnya.
(atk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak