alexametrics

Benahi BPJS Kesehatan, Jokowi Anggarkan Rp132,2 Triliun di 2020

loading...
Benahi BPJS Kesehatan, Jokowi Anggarkan Rp132,2 Triliun di 2020
Presiden Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah akan membenahi layanan BPJS Kesehatandemi meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Foto/SINDO PHoto
A+ A-
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa pemerintah akan membenahi layanan BPJS Kesehatan, seiring dengan rencana pembenahan program Jaminan Kesehatan Nasional. Hal ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Program dukungan bagi kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan melahirkan juga menjadi prioritas," ujar Jokowi saat Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang APBN 2020 Beserta Nota Keuangannya di Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi menegaskan bahwa BPJS Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional akan dibenahi secara total dan pasti. "Pada 2020 kami akan benahi BPJS Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional dengan alokasi anggaran sebesar Rp132,2 triliun," tandasnya.



Pada 2020, kata Presiden, pemerintah akan terus melanjutkan program prioritas di bidang kesehatan. Di antaranya memperkuat layanan dan akses kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, diikuti ketersediaan tenaga kesehatan yang berkualitas.

Selain itu dijanjikan juga penguatan program promotif dan preventif melalui dari pemenuhan gizi dan imunisasi balita, edukasi publik tentang pentingnya pola hidup sehat, hingga percepatan penurunan stunting (gizi buruk).

Jokowi juga menyebutkan bahwa defisit anggaran tahun 2020 direncanakan sebesar 1,76% dari Produk Domestik Bruto (PDB), atau sebesar Rp307,2 triliun. Tercatat pula pendapatan negara dan hibah sebesar Rp2.221,5 triliun dan belanja negara sebesar Rp2.528,8 triliun.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak