Bersama BRI, 5.000 Peserta Jalan Sehat Meriahkan HUT RI di Papua

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 09:48 WIB
Bersama BRI, 5.000 Peserta Jalan Sehat Meriahkan HUT RI di Papua
Bersama BRI, 5.000 Peserta Jalan Sehat Meriahkan HUT RI di Papua
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-74, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar berbagai rangkaian kegiatan di Jayapura, Papua, Sabtu (17/8/2019).

Mengusung semangat BUMN Hadir Untuk Negeri, rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera di Kantor Wilayah BRI Jayapura.

Usai melaksanakan upacara bendera, BRI menggelar jalan sehat gratis bertajuk Langkah Maju untuk Negeri yang diikuti oleh 5.000 peserta, dengan start dan finish di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo serta Asisten Data dan Deputi Teknologi Informasi Kementerian BUMN Yuni Suryanto.

“Besar harapan kami bahwa dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan perusahaan BUMN di berbagai wilayah eksistensi BUMN semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Tidak hanya berperan sebagai penggerak ekonomi semata, tapi memiliki dampak sosial yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat,” ujar Priyastomo.

Usai jalan sehat, peserta bisa menikmati berbagai macam kuliner gratis dan pameran bazar UMKM. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan kesempatan meraih doorprize senilai ratusan juta rupiah serta menyaksikan panggung hiburan dimeriahkan oleh artis reggae Ras Muhamad.

Suasana tambah meriah ketika para peserta mengikuti berbagai lomba balap bakiak, tarik tambang, balap karung, rias muka dan kempit balon.

Tidak berhenti disitu, dalam rangkaian acara tersebut BRI juga melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemeriksaan kesehatan gratis.

Ada juga gerakan Jemari Untuk Negeri yakni setiap peserta yang mengikuti jalan sehat sesampainya di garis finish diberikan kesempatan melakukan cap tangan di tembok.

Setiap cap tangan tersebut dihargai Rp60.000. Dengan antusiasme sebanyak 5.000 peserta, kalau dihitung donasi bisa mencapi Rp500 juta.

“Donasi akan kami serahkan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Provinsi Papua,” ungkap Priyastomo.

Sebelumnya, Bank BRI dengan Yodya Karya dalam rangka program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah melepas 29 siswa berprestasi dari Provinsi Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan pada Kamis (15/8/2019). Sementara dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirim ke Papua sebanyak 27 siswa.

“Program SMN atau studi banding yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam serta memupuk rasa nasionalisme para pelajar,” tuturnya.

Priyastomo menjelaskan, pada HUT RI ke-74 ini Bank BRI ditunjuk sebagai koordinator program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Papua bersama dengan Yodya Karya.

Sejak BUMN Hadir Untuk Negeri diluncurkan pada 2015 lalu, Bank BRI secara aktif menyelenggarakan acara di berbagai wilayah sebagai upaya merekatkan rasa kebangsaan dan persatuan di seluruh penjuru negeri.

Mulai dari Sulawesi Selatan pada 2015, Papua pada 2016, Jawa Timur pada 2017, Sulawesi Barat pada 2018 dan pada 2019 kembali ke Papua.

Bank BRI juga telah memberikan bantuan CSR BRI Peduli kepada masyarakat di wilayah Papua dan sekitarnya. Bantuan yang diberikan berupa sambungan listrik gratis rumah tangga, pembuatan MCK, penyediaan sarana air bersih, bedah rumah masyarakat, pasar murah, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, padat karya tunai dan pengobatan gratis.

Selain itu, pada bulan Ramadan lalu Bank BRI telah memberikan bantuan sarana ibadah, bantuan Al-Quran, santunan anak yatim. Pada akhir tahun ini juga direncanakan akan ada kebaktian dan perayaan natal serta bantuan untuk panti asuhan.

Hingga Juli 2019 Bank BRI telah menganggarkan Rp130 miliar untuk tujuh sektor yakni bantuan sosial pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan, sarana ibadah dan sarana umum.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9009 seconds (0.1#10.140)