alexametrics

Jadi Pengawal Sektor Jasa Keuangan, OJK Tingkatkan Kualitas SDM

loading...
Jadi Pengawal Sektor Jasa Keuangan, OJK Tingkatkan Kualitas SDM
Ketua DK OJK Wimboh Santoso memimpin upacara peringatan HUT RI ke-74 di kantor OJK Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berbenah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)-nya karena mereka adalah aset utama dalam efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi pokok OJK.

"Dengan SDM OJK yang unggul, saya percaya kita akan dapat membawa OJK menjadi semakin kredibel pada garda terdepan dalam mengawal sektor jasa keuangan melewati berbagai tantangan yang sangat dinamis dan juga memastikan perlindungan konsumen terpenuhi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat sambutan upacara peringatan HUT RI ke-74 di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dia melanjutkan, sepanjang semester I/2019 stabilitas sektor jasa keuangan masih terjaga dengan baik di tengah himpitan dinamika perekonomian global.



Capaian yang diraih ini tentunya tidak lepas dari peran seluruh insan OJK. Namun demikian, Wimboh mengingatkan, ke depan tantangan yang membayangi sektor jasa keuangan akan semakin dinamis.

Tantangan pertama adalah perlambatan ekonomi akibat ketidakpastian perekonomian global diperkirakan masih berlanjut. Kedua, perkembangan teknologi finansial telah merubah lanskap sektor jasa keuangan.

"Selain itu, kita juga dihadapkan pada besarnya tuntutan masyarakat untuk senantiasa menjaga stabilitas sistem keuangan sekaligus mendorong industri jasa keuangan lebih berperan nyata bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyakat," beber dia.

Menyikapi berbagai tantangan ini, tentunya OJK perlu mengambil sikap yang tidak hanya responsif namun juga antisipatif atas potensi tantangan ke depan.

"Kita juga tidak bisa hanya fokus pada stabilitas semata. Peran industri jasa keuangan sangat dibutuhkan untuk menggerakkan roda perekonomian kita," tegasnya.

Pada momentum HUT RI ke-74, Wimboh juga mengingatkan kepada jajarannya bahwa saat ini Indonesia memang telah merdeka, namun diperlukan manusia-manusia bermental baja yang dapat berkontribusi demi mewujudkan cita-cita bangsa, yakni mewujudkan suatu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Indonesia merdeka tidak ada gunanya bagi kita, apabila kita tidak sanggup untuk mempergunakannya memenuhi cita-cita rakyat kita: hidup bahagia dan makmur dalam pengertian jasmani dan rohani," kata Wimboh mengutip perkataan Bung Hatta sang pendiri bangsa.

Untuk itu, harapannya kepada seluruh Insan OJK agar dapat terus menerus mengasah kapasitasnya demi kemajuan bersama dan tentunya dorongan ini harus dimulai dari sekarang dan dimulai dari diri sendiri.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak