Harga Minyak Meningkat Karena Meredanya Ketegangan Perang Dagang

Selasa, 20 Agustus 2019 - 11:48 WIB
Harga Minyak Meningkat Karena Meredanya Ketegangan Perang Dagang
Harga Minyak Meningkat Karena Meredanya Ketegangan Perang Dagang
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah meningkat pada perdagangan Selasa (20/8/2019), disebabkan meredanya perang dagang Amerika Serikat dan China, sehingga investor memilih di pasar saham.

Redanya ketegangan perang dagang setelah AS mengatakan akan memperpanjang izin (sementara) bagi Huawei China untuk membeli komponen dari perusahaan-perusahaan negeri Abang Sam.

Melansir dari Reuters, harga minyak mentah Brent International naik 1% menjadi USD59,75 per barel pada pukul 03:44 GMT, setelah naik 1,88% pada hari Senin.

Harga minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate turun 6 sen ke level USD56,15 per barel, setelah naik 2,44% pada sesi sebelumnya.

Managing Partner di VM Markets, Stephen Innes, mengatakan pertengkaran perdagangan AS-China telah membuat perlambatan ekonomi global dan berdampak negatif terhadap permintaan minyak.

Dan seiring meredanya ketegangan perang dagang, maka ekspektasi akan pertumbuhan ekonomi global menggairahkan pasar saham di seluruh dunia, sehingga terjadi reli. Hal ini bisa mendukung harga minyak karena harga si emas hitam sering mengikuti pergerakan saham.

Sementara itu, dalam jajak pendapat yang dilakukan Reuters mengatakan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat turun 1,9 juta barel dalam pekan hingga 16 Agustus.

Jajak pendapat ini dilakukan sebelum adanya laporan dari American Petroleum Institute (API) dari kelompok industri minyak, dan Administrasi Informasi Energi (EIA), sebuah badan di bawah Kementerian Energi AS.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1465 seconds (0.1#10.140)