alexametrics

Rekrut 3.311 Orang, Pegawai Milenial Ujung Tombak BUMN

loading...
Rekrut 3.311 Orang, Pegawai Milenial Ujung Tombak BUMN
Menteri BUMN Rini M. Soemarno berpesan bahwa para anak muda yang lulus seleksi dalam PPB 2019 harus jadi garda terdepan mendorong BUMN menjadi perusahaan terbaik kelas dunia. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merekrut 3.311 orang untuk menjadi pegawai di beberapa perusahaan BUMN. Menteri BUMN Rini M. Soemarno berpesan bahwa para anak muda yang lulus seleksi dalam Program Perekrutan Bersama (PPB) 2019 harus menjadi garda terdepan dalam mendorong BUMN menjadi perusahaan terbaik kelas dunia.

“Saya berharap 10 tahun dari sekarang, BUMN bisa menjadi pemain di pasar global. Bisa masuk 10 besar atau 100 besar perusahaan global terbaik. Nanti, kalianlah yang menjadi ujung tombak dalam mewujudkan harapan tersebut,” ujar Menteri Rini dalam acara Inaugurasi Program Perekrutan Bersama (PPB) 2019 di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dalam inaugurasi ini, PPB berhasil merekrut 3.311 putra-putri terbaik yang lulus seleksi di 116 BUMN termasuk teman-teman penyandang disabilitas dan putra-putri dari Kawasan Timur Indonesia (KTI). Program ini dibuat untuk mendukung arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul yang berakhlak mulia, pekerja keras, berhati Indonesia dan berideologi Pancasila.



“Program ini baru pertama kali diadakan dengan tujuan untuk mensinergikan penciptaan lapangan pekerjaan dan pemerataan kesempatan kerja bagi putra-putri Indonesia untuk bergabung di Perusahaan BUMN,” tegasnya.

Menurutnya, proses seleksi dalam PPB ini dilakukan dengan memastikan kesesuaian kandidat terhadap nilai-nilai BUMN yaitu integritas, profesional, menjunjung persatuan bangsa dan NKRI sertamenghargai keberagaman sekaligus meningkatkan inklusi. Rini menegaskan kehadiran BUMN akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga citra dan reputasi akan semakin baik dan positif dari waktu ke waktu.

“Hasil riset McKinsey mengatakan bahwa generasi Z merupakan generasi yang toleran, berpikiran terbuka dan kreatif. Untuk itu, adik-adik generasi Z BUMN ini harus menjadi garda depan dalam merekatkan bangsa dan mempersatukan Indonesia,” jelas Menteri Rini.

Lebih lanjut, dia berharap pekerja BUMN yang lulus seleksi ini mampu membawa inovasi baru yang disruptif dan mengubah hambatan menjadi peluang, mengubah kelemahan menjadi kekuatan dan mengubah hal yang tidak berharga menjadi bernilai untuk rakyat Indonesia. Selain itu, para pekerja BUMN diminta untuk selalu kreatif, cerdas dan berani untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan.

Menteri Rini menambahkan BUMN harus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Bahkan, BUMN didorong untuk menjadi urat nadi dalam meningkatkan perekonomian di daerah-daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia.

“BUMN harus menjadi urat nadi untuk daerah-daerah yang masih harus dipacu dalam membangkitkan perekenomiannya. Sebab, BUMN-BUMN ini berada di jantung-jantung perekonomian hingga ke pelosok tanah air,” kata Menteri Rini

Dalam PPB 2019, peserta yang berhasil registrasi sebanyak 995.595 orang. Usai diseleksi administrasi, 583.550 orang berhasil lulus. Dengan proses seleksi tersebut, 3.311 orang lulus seleksi. Rinciannya, 2.937 lulusan regular, 117 lulusan program disabilitas dan 196 lulusan kawasan Indonesia Timur.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak