alexametrics

MNC Bank Raih Indonesia Good Corporate Governance Award 2019

loading...
MNC Bank Raih Indonesia Good Corporate Governance Award 2019
Presdir MNC Bank Mahdan di sela acara pemberian penghargaan Indonesia Good Corporate Governance Award 2019 di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Foto/Hafid Fuad
A+ A-
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) berhasil mendapatkan apresiasi Indonesia Good Corporate Governance Award 2019. Penghargaan ini diberikan oleh majalah Economic Review bekerja sama dengan Indonesia-Asia Institute. MNC Bank diberikan apresiasi sebagai The Big 6-Indonesia GCG Implementation 2019 untuk kategori Bank Umum BUKU II.

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan, penghargaan tersebut berdasarkan kinerja perusahaan per Desember 2018 serta implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Selain itu juga penilaian untuk data-data yang tersedia untuk publik, seperti laporan keuangan, laporan tahunan, dan informasi pada situs web perusahaan maupun otoritas.

"Apresiasi dari Indonesia GCG Award ini saya harap menjadi pemecut semangat manajemen dan karyawan agar konsisten meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik. Karena tata kelola adalah salah satu kunci kesuksesan meraih kinerja yang baik," ujar Mahdan di sela penerimaan penghargaan di Jakarta, Jumat (23/8/2019).



Mahdan melanjutkan, sepanjang 2018, MNC Bank telah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas tata kelola, manajemen risiko, serta kepatuhan. Hasilnya tidak hanya dapat dilihat dari penghargaan terkait tata kelola yang diterima, namun juga dari positifnya kinerja 2018 yang masih terjaga hingga paruh pertama 2019.

Sepanjang paruh pertama 2019, MNC Bank telah melaksanakan berbagai strategi untuk meningkatkan tata kelola yang baik serta peningkatan rentabilitas. Hasilnya dapat terlihat dari Laporan Keuangan Juni 2019 perseroan yang telah diaudit.

"Bank akan terus hadapi berbagai risiko dan itu harus dikelola dengan sistem GCG. Salah satunya terlihat dari kredit bermasalah atau NPL. Kami targetkan akhir tahun ini NPL bisa di bawah 3%," ujarnya.

Kinerja keuangan perseroan terlihat dari pendapatan bunga bersih hingga Juni 2019 Rp203,45 miliar, meningkat 12% dibandingkan Juni 2018 sebesar Rp181,35 miliar. NIM pada Juni 2019 sebesar 4,07%, meningkat dibandingkan Juni 2018 3,70%.

Dana pihak Ketiga yang dihimpun Bank pada Juni 2019 Rp8,45 triliun. Sementara pada sisi penyaluran pinjaman, MNC Bank mencatatkan penyaluran kredit Juni 2019 Rp7,90 triliun, meningkat 5,27% dibandingkan Juni 2018 Rp7,51 Triliun.

"Kami fokus pada sektor perdagangan UKM, kuliner, dan manufaktur. Sementara sektor untuk diwaspadai seperti perkebunan sawit dan tekstil. Di segmen korporasi kami juga lebih selektif," ujarnya.

Dia menambahkan, apresiasi yang diterima kali ini sebagai pertanda bahwa usaha yang dilakukan sudah tepat arahnya. Meski demikian, Mahdan mengingatkan, bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan agar bank dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

Indonesia GCG Award (IGCGA) 2019 di tahun kelimanya tidak hanya berpatokan pada Prinsip Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) saja. Pada era digital ini tentunya Tata Kelola Teknologi Informasi yang baik merupakan kebutuhan bisnis untuk dapat mendukung tujuan dan kebutuhan bisnis perusahaan.

"MNC Bank serta perusahaan lainnya sebagai peraih IGCGA di tahun kelima ini, merupakan perusahaan yang terbukti mampu bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital," ujar Pendiri Economic Review Irlisa Rachmadiana.

Selain memberikan apresiasi dalam bentuk malam penghargaan, IGCGA 2019 juga menggelar workshop dengan tajuk Consistency of GCG Implementation for Sustainable Growth & Leading in Global Competition. Pada workshop tersebut, peserta diajak mengeksplorasi berbagai kiat agar implementasi GCG dapat berjalan efektif dan efisien secara konsisten. Hal tersebut dikarenakan dengan kemajuan teknologi, saingan tidak hanya lokal tetapi juga global.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak