alexametrics

Kunjungi YIA, Budi Karya Sebut Pembangunan Sudah Mencapai 70%

loading...
Kunjungi YIA, Budi Karya Sebut Pembangunan Sudah Mencapai 70%
Bandara Internasional Yogyakarta ditargetkan selesai tahun 2020. Foto/SINDOnews
A+ A-
KULONPROGO - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengunjungi Bandara Internasional Yogyakarta yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melihat perkembangan pembangunan. Bandara ini ditargetkan selesai dan full operation pada awal tahun depan.

"Progressnya saat ini sudah cukup bagus. Sekitar 60% sampai 70%," jelas Budi Karya usai melakukan pengecekan di YIA, Minggu (25/8/2019).

Menurut Menhub, penerbangan melalui YIA saat ini sudah ada sekitar 14 penerbangan, baik yang melakukan landing maupun take off. Kedepan, penerbangan dari YIA harus ditingkatkan, khususnya untuk penerbangan jarak jauh ke luar Pulau Jawa.



"Nanti ada beberapa penerbangan dipindah ke sini (dari Bandara Adisutjipto)," jelas Menhub.

Bandara YIA kedepan akan dilengkapi dengan akses kereta api. Saat ini proses pengadaan lahan akan segera dilakukan. Targetnya pada akhir 2020, bandara ini sudah terintegrasi dengan jalur kereta api. Sehingga akses masyarakat akan lebih mudah. Saat ini akses kereta api baru sampai di Stasiun Wojo dan harus pindah menggunakan shuttle bus.

Akses kereta api dipilih untuk mengoptimalkan perjalanan penumpang. Dari Yogyakarta sampai ke YIA dibutuhkan waktu 35 menit. Sedangkan jika menggunakan bus atau kendaraan pribadi akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam.

"Kita akan optimalkan nanti melalui Stasiun Kedundang. Nanti akan cek ke sana," terangnya.

Begitu nanti akses kereta terhubung dengan bandara, harus ada penambahan kereta menuju bandara. Minimal setiap setengah jam harus ada kerata api bandara.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak