Terima Kunci, Pemohon DP Rp0 Dapat Kredit dari Bank DKI

Minggu, 01 September 2019 - 15:56 WIB
Terima Kunci, Pemohon DP Rp0 Dapat Kredit dari Bank DKI
Terima Kunci, Pemohon DP Rp0 Dapat Kredit dari Bank DKI
A A A
JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan secara simbolis meresmikan hunian DP Rp0 Klapa Village. Dalam acara simbolis ini, Anies juga menyerahkan kunci kepada calon penghuni program hunian DP Rp0 Solusi Rumah Warga (Samawa) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).

PT Bank DKI yang ditugaskan sebagai bank pelaksana program, hadir dalam mensukseskan acara Festival Samawa DP Rp0, yang secara bersamaan melakukan penandatanganan akad kredit kepada calon penghuni Klapa Village.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan apresiasi kepada para pengembang, Dinas Perumahan dan BUMD terkait seperti Bank DKI yang menyediakan fasilitas kredit untuk pemohon program DP Rp0.

Anies mengatakan program DP Rp0 merupakan tanda hadirnya negara untuk menyelesaikan permasalahan struktural terkait kepemilikan properti bagi masyarakat DKI Jakarta.

Calon penghuni telah melewati berbagai proses seleksi dan telah memenuhi kriteria untuk dapat difasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP Rp0 oleh PT Bank DKI.

"Program ini didesain untuk masyakat yang berpenghasilan rendah, seperti masyarakat yang mampu mengontrak rumah, namun tidak mampu mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah, tapi masih memiliki uang untuk membayar sewa kontrak bulanan, nah dengan skema ini dapat mengalihkan alokasi biaya kontrak bulanan menjadi pembayaran cicilan kepemilikan rumah," ujar Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan resmi, Minggu (1/9/2019).

Program rumah DP Rp0 Samawa Klapa Village tersedia dalam 3 tipe, mulai dari tipe studio dengan luas 21 m2 hingga 35 m2 untuk tipe dua kamar tidur. Hunian tersebut telah siap huni, tanpa uang muka, bebas biaya administrasi, bebas provisi kredit, bebas biaya akad dan ppjb, tenor kredit hingga 20 tahun, cicilan hanya Rp1.219.598 sampai Rp2.255.095 per bulan.

Program fasilitas pembiayaan DP Rp0 dilakukan secara bertahap, selain Klapa Village, kedepannya juga akan dibangun hunian di wilayah Cilangkap serta beberapa wilayah lain yang sedang dalam tahap kerja sama dengan pengembang swasta, dengan mempertimbangkan tingkat permintaan dan kebutuhan warga.

"Dengan terlaksananya Festival Samawa DP Rp0 ini, merupakan langkah awal dari penyelesaian permasalahan perumahan bagi warga Jakarta. PT Bank DKI akan terus mendukung Pemprov DKI Jakarta, sehingga apa yang menjadi harapan Pak Gubernur dapat terwujud, dimana semua warga Jakarta setahap demi setahap nantinya bisa memiliki rumah sendiri. Sehingga membawa mereka dalam eskalator kenaikan properti yang ada di Jakarta," tandas Herry.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6303 seconds (0.1#10.140)