Sri Mulyani Ungkap Alasan Bank Mandiri Tidak Mengakuisisi Bank Centrury

Senin, 02 September 2019 - 20:41 WIB
Sri Mulyani Ungkap Alasan Bank Mandiri Tidak Mengakuisisi Bank Centrury
Sri Mulyani Ungkap Alasan Bank Mandiri Tidak Mengakuisisi Bank Centrury
A A A
JAKARTA - Krisis keuangan global tahun 2008 telah berdampak ke Bank Century. Namun, Bank Mandiri ketika itu tidak mengakuisisi Bank Century yang di ujung kebangkrutan.

Terkait hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan alasan mengapa Bank Mandiri tidak mengakuisisi Bank Century. Sri Mulyani yang ketika itu sudah menjadi Menteri Keuangan, mengatakan harus mengutamakan persoalan di dalam negeri, yaitu mengutamakan anggaran pemerintah.

"Saat itu kita sedang fokus pada pemulihan infrastruktur di Aceh, yang terkena bencana tsunami tahun 2004. Saya menjadi Menteri Keuangan tahun 2005, saya harus fokus membangun pemulihan infrastruktur dan saat itu terjadi krisis keuangan global tahun 2008," terangnya, Senin (2/9/2019).

Sri Mulyani lantas memilih langkah menyiapkan likuiditas sebesar Rp15 triliun untuk menjaga perbankan nasional, terutama bank-bank BUMN agar tidak kekurangan likuiditas. Maklum, kondisi nasabah maupun antar bank sudah tidak ada kepercayaan untuk menempatkan dana di bank. Padahal bisnis bank salah satunya adanya kepercayaan.

Dan kondisi nilai tukar rupiah, kata Sri Mulyani, merosot menjadi Rp12.000 per USD dan cadangan devisa pun merosot tajam. Skala prioritas dalam perekonomian, menjadi alasan Bank Mandiri tidak mengakuisisi Bank Century saat itu.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)