alexametrics

Surat Utang Seri SBR008, Investasi Menarik Bagi Milenial

loading...
Surat Utang Seri SBR008, Investasi Menarik Bagi Milenial
Surat Utang Negara (SUN) ritel Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008 semakin dilirik generasi milenial sebagai pilihan investasi. Foto/Ilustrasi, Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah menawarkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008 kepada investor individu secara online dengan tingkat kupon mengambang atau floating. Diharapkan SBR008 makin dilirik oleh kalangan milenial sebagai pilihan investasi yang ditargetkan dapat mencapai Rp2 triliun.

"Saat ini, masyarakat sudah semakin mudah dalam melakukan pembayaran SBR008 dan instrumen investasi pemerintah kita buat dengan batik karena pasti juga diminati pecinta batik seperti generasi muda yang saat ini semakin mencintai batik. Sebanyak 55,05% adalah generasi milenial atau mereka yang lahir di periode 1980 hingga 2000 ini menunjukkan generasi milenail banyak suka berinvestasi,"ujar Direktur Surat Utang Negara Ditjen PPR Kemenkeu Loto Srinaita Ginting di Jakarta, Kamis (5/8/2019).

Menariknya, surat utang negara ini, lantaran menawarkan dengan tingkat kupon minimal mengambang 7,20%. Tawaran ini bakal menarik investor terutama bagi pencinta batik seperti generasi muda. Instrumen investasi ini juga bisa dibeli minimum pemesanan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar, mulai hari ini pukul 09.00 WIB hingga 19 September 2019 pukul 10.00 WIB.



Dia menambahkan, pemerintah terus berkomitmen untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SUN ritel yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. "Sebanyak 9.956 investor termasuk sebagai investor baru SBR007. Hal ini menunjukkan bahwa literasi investasi masyarakat semakin meningkat, termasuk terhadap keberadaan SBR," jelasnya.

Sebagai informasi, SBR008 memiliki tenor dua tahun dengan pemesanan minimal RP 1 juta dengan maksimal Rp 3 miliar. Proses pemesanan pembelian dapat dilakukan secara online di aplikasi yang disediakan 22 mitra distribusi (Midis) melalui empat tahap, yakni registrasi, pemesanan, pembayaran dan konfirmasi.

Proses pemesanan bisa dilakukan secara online di aplikasi yang disediakan Mitra Distribusi melalui 4 tahap yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. . Dimana pada masa penawaran ini terdapat 22 Mitra Distribusi yang terdiri dari 13 Bank, 4 Perusahaan Efek, 3 Perusahaan Efek Khusus (APERD Fintech), dan 2 Perusahaan Fintech Peer-to-Peer Lending.

Selain itu, pembayaran SBR008 dan instrumen investasi pemerintah lainnya dengan ditambah tiga kanal pembayaran baru sebagai lembaga persepsi. Yaitu, Bukalapak, Tokopedia dan Finnet. Dengan begitu, total bank/ pos/ lembaga persepsi yang dapat melayani pembelian SBR menjadi 86 perusahaan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak