alexametrics

Wulan Guritno Naik Turun Bikin Usaha Waralaba

loading...
Wulan Guritno Naik Turun Bikin Usaha Waralaba
Aktris Wulan Guritno dengan usaha waralaba Poetre. Foto/Ist.
A+ A-
JAKARTA - Membuka usaha waralaba tidaklah mudah, meski brand dan Anda adalah orang yang dikenal publik. Hal ini pula yang dirasakan aktris Wulan Guritno. Aktris blasteran Jawa-Inggris, kelahiran 14 April 1981 ini, merasakan naik turun bisnis sebagai pengusaha waralaba.

Dalam acara pameran waralaba, Franchise & Lisence Expo Indonesia di Jakarta, Kamis (5/9/2019), Wulan menceritakan pengalamannya berbisnis waralaba. Usaha waralabanya telah dijalankan selama 10 tahun, bersama tiga rekannya, Amanda Soekasah, Janna Soekasah, dan Jovita Noorwanti.

Berbeda dengan usaha waralaba kebanyakan yang memilih food and beverages (F&B), Wulan dan temannya memilih usaha waxing. "Waktu itu memilih bisnis waxing karena kalau salon kan sudah banyak. Jadi kita mencari apa yang belum terlalu marak," ceritanya.



Menurut Wulan, pemilihan usaha waralaba Poetre Wax & Spa, karena sebagai pebisnis, ia harus berani mengambil risiko. "Jadi dalam berbisnis tidak melulu modal besar, yang penting bisa mengambil peluang. Apalagi sekarang terbantu dengan sosial media, kita bisa mulai berbisnis dari home industry. Jadi berbisnis jangan takut, kalau takut ya kapan memulai," pesannya.

Ia membocorkan hanya bermodalkan Rp15 juta untuk membangun bisnisnya. Wulan juga tidak segan-segan belajar dari rekannya yang lain, yang memiliki bisnis berbeda, seperti pemilik Restoran Takigawa.

"Saya mengaplikasi apa yang dibuat teman saya di Restoran Takigawa, meski terkadang trial and error. Meski bisnis ini (waralaba waxingnya) naik turun, tapi sampai sekarang tetap bertahan," tukasnya.

Dengan kesabaran dan ketekunan, Wulan mengatakan bisnis waralabanya sudah mulai berkembang. Mengenai omzet, ia menyebut bisa mendapatkan ratusan juta rupiah atau puluhan juta rupiah jika pengunjung sepi.

Wulan menekankan selain ketekunan, usaha waralaba harus memperhatikan quality control, untuk menjaga kualitas dan meminimalisasi kecurangan. Ia pun berencana memperluas usahanya. "Kalau bisa ekspansi ke luar negeri," ujarnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak