alexametrics

Banyaknya Investasi Portofolio, Ekonomi Indonesia Rentan Capital Outflow

loading...
Banyaknya Investasi Portofolio, Ekonomi Indonesia Rentan Capital Outflow
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah, menilai perekonomian Indonesia rentan terhadap hengkangnya dana asing (capital outflow).

Ini disebabkan investasi yang masuk ke Indonesia adalah investasi portofolio, yang karakteristiknya easy come easy go. Gejolak ekonomi global bisa membuat shock investasi portofolio sehingga sangat mudah terjadi capital outflow.

Kondisi ini seperti tahun 2018 kemarin, yang menyebabkan nilai tukar rupiah melemah hingga melewati Rp15.000 per dolar Amerika Serikat.



"Selama aliran modal modal yang masuk ke Iindonesia masih didominasi oleh investasi portfolio maka perekonomian kita akan senantiasa rentan mengalami capital outflow," ujar Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Ia menambahkan, sedangkan dana dari foreign direct investment (investasi asing langsung) ke Indonesia terbilang melambat. Bank Dunia bahkan menyebutkan Indonesia akan kehilangan banyak dana asing karena penurunan pertumbuhan ekonomi nasional ditengah perlambatan ekonomi global.

"Pernyataan Bank Dunia seharusnya sudah dipahami oleh semua pelaku ekonomi di Indonesia. Potensi outflow itu utamanya tercermin di komposisi aliran modal masuk ke Indonesia yang didominasi oleh investasi portfolio, sementara FDI justru mengalami perlambatan," katanya.

Untuk mengurangi risiko capital outflow, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Diantaranya mengurangi dominasi investasi portofolio, dengan mengkonversinya ke arus investasi asing langsung secara lebih besar. Yaitu dengan membuat kebijakan yang ramah investasi.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak