PT Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan Terbanyak di ISDA 2019

Sabtu, 07 September 2019 - 20:35 WIB
PT Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan Terbanyak di ISDA 2019
PT Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan Terbanyak di ISDA 2019
A A A
JAKARTA - PT Kideco Jaya Agung, perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kalimantan Timur, meraih penghargaan terbanyak dalam Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2019 yang digelar di Menara Bidakara Jakarta, Jumat (6/9/2019). Penghargaan terbanyak ini berkat kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan (SDG's).

Dalam anugerah Indonesia SDG's Award, pada kategori Kontribusi Perusahaan, PT Kideco berhasil meraih 11 kontribusi SDG's yang meliputi SDG's 2 berupa kemandirian kelompok tani (platinum), SDG's 3 berupa sosialisasi kampanye pencegahan HIV AIDS (platinum), SDG's 3 berupa sehat dimulai dari diri sendiri (platinum) serta SDG's 4 berupa aksi Kideco dalam pencapaian RAN dan RAD melalui program peningkatan kualitas guru dan siswa (platinum).

Beberapa kontribusi SDG's lainnya yang juga diraih Kideco meliputi SDG’s 6 berupa penciptaan akses terhadap air minum bersih bagi masyarakat pesisir Teluk Adang (platinum), SDG's 8 berupa gerakan sadar mandiri (gold), SDG’s 8 berupa pemberdayaan usaha mikro rumah tangga miskin berbasis koperasi (gold), SDG's 11 berupa pembangunan kawasan pemukiman berkelanjutan di Desa Samu Rangau (platinum) dan SDG's 12 berupa pemanfaatan limbah daur ulang dari limbah ternak oleh kelompok tani (platinum).

Adapun kontribusi SDG's lainnya yang turut diraih Kideco meliputi SDG's 14 berupa menyediakan aksesibilitas bagi komunitas nelayan kecil dikawasan pesisir Teluk Adang (gold) serta SDG's 15 berupa pemantauan pelestarian habitat alami di wilayah lingkar tambang (gold).

First Manager CSR PT Kideco Jaya Agung, Suriyanto, mengatakan raihan 11 penghargaan ini akan terus memacu kinerja sosial perusahaan untuk terus meningkat dari waktu ke waktu.

ISDA 2019 bagi Kideco juga sekaligus sebagai pengingat untuk terus mengangkat kesejahteraan masyarakat disekitar lokasi perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan.

Untuk memberdayakan masyarakat yang tinggal disekitar lokasi perusahaan, Kideco, papar Suriyanto, juga membutuhkan dukungan dari semua pihak mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat. Diraihnya 11 penghargaan diajang Indonesia SDG’s Award 2019, tegas Suriyanto, sesungguhnya diluar ekspektasinya dan bukan menjadi tujuan utama.

"Tujuan utama yang Kideco perbuat adalah dapat menjadi contoh bahwa perusahaan telah melakukan sesuatu dan dapat dicontoh oleh perusahaan lainnya dalam memajukan bangsa ini," ujar Suriyanto, Sabtu (7/9/2019).

Malam anugerah SDG's Award (ISDA) 2019 dilakukan oleh CFCD sebagai asosiasi yang menaungi berbagai perusahaan yang aktif memberdayakan masyarakat melalui dana CSR-nya. ISDA 2019 mengumumkan 66 perusahaan yang berhak memperoleh penghargaan, baik untuk kategori platinum, gold maupun silver.

Dari 66 perusahaan yang turut berpartisipasi dalam ISDA 2019, meliputi perusahaan pertambangan, minyak dan gas, listrik, perbankan dan lain-lain, dimana ada 3 perusahaan paling banyak meraih penghargaan dengan berbagai kategori.

Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Agincourt Resources yang meraih 10 penghargaan, meliputi 6 gold, 3 silver serta 1 platinum,; PT Kaltim Prima Coal juga meraih 10 penghargaan, meliputi 8 gold dan 2 platinum; serta PT Kideco Jaya Agung yang meraih 11 penghargaan, meliputi 4 gold dan 7 platinum.

Untuk kategori peraih penghargaan perorangan pada ISDA 2019 terdapat 12 nama pemenang, diantaranya Mochamad Kurnia Ariawan (direksi) yang juga diraih oleh PT Kideco Jaya Agung dengan kategori terbaik I.

Adapun beberapa nama lainnya pada kategori perorangan yang meraih gelar juara adalah Adi Risfandi, Dindin Makinudin, Agung Hasanudin serta Wiwin Suhartanto (tingkat manajemen) masing-masing dari PT Mifa Bersaudara, PT Borneo Indo Bara, PT Anugerah Bara Kaltim serta PT Asmin Bara Bronang dengan kategori penghargaan masing-masing terbaik III, II, III dan II.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7249 seconds (0.1#10.140)