alexametrics

Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Ditargetkan Operasional November

loading...
Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Ditargetkan Operasional November
Menhub Budi Karya menyaksikan proses take off pesawat Airbus 320 milik Citilink di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu (8/9/2019). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pengoperasian landasan udara/runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa terealisasi sepenuhnya pada November 2019. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini runway baru memiliki panjang lintasan sepanjang 2.500 meter dengan lebar 45 meter.

"Kita targetkan November sudah bisa tercapai sepanjang 3.000 meter dan lebar 60 meter. Sehingga pesawat berbadan besar bisa melintas di runway yang baru ini," ujar Menhub Budi Karya saat menyaksikan proses take off pesawat Airbus 320 milik Citilink di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu (8/9/2019).

Menhub menjelaskan bahwa pergerakan pesawat per jam yang tadinya hanya 75 pesawat per jam dapat meningkat kapasitasnya menjadi 81 pesawat per jam pada saat ini. Pergerakan ini akan dapat bertambah jumlahnya menjadi 100 pesawat per jam pada saat Runway 3 sudah memiliki panjang 3.000 m.



"Waktu saya saat masih menjadi Dirut PT AP II Soekarno Hatta pergerakannya 75, sekarang menjadi 81 setiap satu jam. Kalau nanti Runway 3 beroperasi dengan panjang 3.000 m, take off landing kurang lebih bisa menjadi 100 per jam," jelasnya.

Pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Dengan pemanfaatan Runway 3 ini maskapai diperkirakan bisa menghemat bahan bakar hingga mencapai Rp75 juta. President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan dari simulasi yang dilakukan oleh maskapai pada Agustus lalu, selain bisa menghemat bahan bakar, pesawat juga tak perlu menunggu lebih lama menuju apron setelah melakukan pendaratan.

"Antrean take off bisa menyusut bahkan bisa lebih lancar. Terlebih penghematan menuju apron akan lebih singkat dibanding sebelumnya," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Utama Air Navigation (Airnav) Novie Riyanto mengungkapkan, dari sisi pergerakan pesawat dengan adanya Runway 3 juga akan bertambah. Di sisi lain antrian pesawat untuk take off maupun landing pada musim puncak atau peak season dengan pergerakan 1.300 pesawat per hari bisa lebih ditekan.

"Dengan runway 3, taxiway ditambah routing diperbaiki, ini bisa turunkan jumlah pesawat yang selama ini rebutan parkir. Secara teknis operator bandara dapat keuntungan besar dari sisi pembakaran avtur," pungkasnya.

Diharapkan beroperasinya Runway 3 bandara selain bisa menghemat waktu, ke depan akan lebih banyak maskapai asing baru yang bisa masuk ke bandara inenasional Soekarno-Hatta.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak