alexametrics

Sri Mulyani Rencanakan Anggaran Kesehatan Naik Jadi Rp132 Triliun

loading...
Sri Mulyani Rencanakan Anggaran Kesehatan Naik Jadi Rp132 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, merencanakan anggaran untuk kesehatan naik menjadi Rp132 triliun pada tahun depan. Kenaikan anggaran kesehatan ini dialokasikan untuk kelompok masyarakat miskin dan masyarakat hampir miskin.

"Dibandingkan kenaikan rata-rata sektor lain, kenaikan alokasi dana kesehatan termasuk yang tertinggi," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut dia, pemerintah terus meningkatkan anggaran untuk sektor kesehatan masyarakat. Dalam lima tahun belakangan, alokasi dana untuk sektor kesehatan terus meningkat.



Sebelumnya, pada 2014, alokasi dana untuk kesehatan sebesar Rp59,7 triliun. Tahun 2019 meningkat lebih 100% yaitu menjadi Rp123,1 triliun.

Dan agar pelayanan kesehatan tepat sasaran, maka pemerintah akan menerapkan teknologi digital, dengan mendesain sistem kesehatan nasional yang menyeluruh dan berkelanjutan.

Pemerintah akan mengidentifikasi masayarakat peserta jaminan kesehatan, berupa data yang berisi nama, tempat tanggal lahir, tinggi dan berat badan, jenis kelamin, alamat, juga rekam medis peserta.

"Jika kita mampu mengidentifikasi sekitar 267 juta kondisi rekam medis masyarakat Indonesia maka kita akan mampu mengidentifikasi kebutuhan, alokasi dana, premi yang tepat dari tiap individu sesuai risiko dan kebutuhannya," kata Sri Mulyani.

Dengan demikian, sambung dia, tujuan utama alokasi anggaran kesehatan dapat tercapai, dimana semua masyarakat Indonesia memperoleh manfaat sistem kesehatan nasional.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak