PLN Gandeng TNI Perkuat Pengamanan dan Pemeliharaan Sistem Ketenagalistrikan

Selasa, 10 September 2019 - 16:44 WIB
PLN Gandeng TNI Perkuat Pengamanan dan Pemeliharaan Sistem Ketenagalistrikan
PLN Gandeng TNI Perkuat Pengamanan dan Pemeliharaan Sistem Ketenagalistrikan
A A A
JAKARTA - PLN menggandeng TNI dalam rangka meningkatkan keandalan sistem ketenagalistrikan. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tentang pengamanan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air. Acara penandatanganan tersebut berlangsung di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, MoU ini merupakan tindak lanjut dari audiensi PLN kepada Panglima TNI pada 20 Agustus lalu. Ini juga sekaligus sebagai salah satu langkah strategis PLN dalam menjaga kegiatan operasional perusahaan baik di sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi.

Perseroan ingin meminimalisir masalah-masalah teknis dan sosial yang dapat berakibat pada resiko pelayanan penyediaan kelistrikan atau bahkan resiko blackout. "Kami sangat berterimakasih kepada TNI. Tugas penyediaan tenaga listrik oleh PLN akan terasa makin mudah dan makin ringan dengan banyaknya dukungan dan kontribusi dari para stakeholder termasuk diantaranya adalah TNI," ungkap Sripeni dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerangkan, TNI didukung oleh tiga matra yakni Darat, Laut dan Udara merupakan sumber daya strategis dan lengkap untuk mendukung kegiatan operasional PLN. "Jangan segan-segan kalau ada permasalahan di lapangan langsung menghubungi dan menginformasikan kepada TNI, agar kita cari jalan keluarnya," ujar Hadi Tjahjanto dalam kesempatan sama.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan lima agenda perjanjian kerjasama (PKS) yaitu Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Teritorial Panglima TNI terkait Fly-Ash Bottom Ash dan CSR. Selanjutnya, Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Teritorial KASAD tentang pendampingan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan.

Keempat, ada Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Potensi Dirgantara KASAU tentang pengamanan dan bantuan fasilitas TNI AU untuk keandalan sistem ketenagalistrikan. Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Operasi KASAL tentang pengamanan dan pemeliharaan sistem bantuan sistem ketenagalistrikan.

Ditutup dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI tentang pemanfaatan sumber daya dalam rangka pengamanan dan penggalangan untuk obyek vital PT PLN.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5209 seconds (0.1#10.140)