Penyaluran KUR Bank BRI hingga Agustus Capai Rp67,6 Triliun

Selasa, 10 September 2019 - 20:01 WIB
Penyaluran KUR Bank BRI hingga Agustus Capai Rp67,6 Triliun
Penyaluran KUR Bank BRI hingga Agustus Capai Rp67,6 Triliun
A A A
JAKARTA - Hingga 31 Agustus 2019, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp67,6 triliun. KUR tersebut disalurkan kepada lebih dari 3,2 Juta debitur di seluruh Indonesia.

Apabila ditotal, sejak KUR diluncurkan pada tahun 2015 hingga saat ini jumlah KUR yang telah disalurkan BRI mencapai Rp303 triliun kepada lebih dari 15,8 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengatakan, BRI bersinergi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM meningkatkan kapasitas usaha para pelaku usaha ultra mikro program PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang naik kelas.

"BRI juga memberikan bantuan sarana produksi usaha di antaranya mesin jahit, dan mesin obras, oven, kompor, hingga peralatan memasak sesuai dengan usaha yang dikelola," ujar Supari melalui siaran pers, Selasa (10/9/2019).

Dia menambahkan, dalam upaya peningkatan kapasitas usaha mikro kecil (UMK), BRI tidak terbatas hanya dengan memberikan kemudahan dalam mengakses pembiayaan KUR Mikro kepada para nasabah. BRI juga memberikan peningkatan pengetahuan pengeloaan keuangan maupun peningkatan hasil produksi dan pemasaran melalui program capacity building yang dilakukan pada Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI.

Di samping itu, Bank BRI juga melakukan program clustering dalam mendorong UMKM naik kelas. Menurut dia, tujuan dari clustering yang dilakukan oleh BRI di antaranya membentuk sebuah financial close system, memudahkan akses pasar, promosi dan networking, kemudahan dalam menyediakan off taker serta pembinaan yang lebih terfokus.

"Dengan sinergi ini diharapkan nasabah yang sebelumnya merupakan Mekaar naik kelas dapat terus berkembang usahanya dengan mendapatkan pembiayaan dan pendampingan lanjutan dari Bank BRI," ungkap Supari.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)