alexametrics

Menhub: Aktivitas Penerbangan Belum Terganggu Kabut Asap

loading...
Menhub: Aktivitas Penerbangan Belum Terganggu Kabut Asap
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kabut asap di Sumatera dan Kalimantan belum menganggu aktivitas penerbangan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kabut asap di Sumatera dan Kalimantan belum menganggu aktivitas penerbangan. Seperti diketahui kabut asap timbul akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan sejak beberapa hari terakhir.

“Sejauh ini belum ada dampak yang serius ya, tapi ke depan kalo tidak ada upaya-upaya menyelesaikan, ini akan serius,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Dia pun menugaskan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait permasalahan ini.



“Menurut keterangan, memang Riau yang dalam posisi paling besar, karena dua hal yang dari selatan itu ke arah Riau dan dari Riau tidak bisa kemana-mana, karena ada angin tertentu yang di Selat Malaka, jadi mereka (asap) setop di Riau,” jelasnya.

Terbaru upaya penanggulang telah dilakukan, dimana puluhan helikopter water bombing dan patroli dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di enam Provinsi yang semakin meluas pada Jumat (13/9). Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) puluhan helikopter tersebut dikerahkan di enam provinsi masing-masing, Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng dan Kalsel.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak