Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Dipercepat

Jum'at, 13 September 2019 - 20:53 WIB
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Dipercepat
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Dipercepat
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta dan Surabaya akan dipercepat. Untuk merealisasikannya, dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan penandatanganan pembangunan kereta cepat dengan Jepang.

"Kita minggu depan akan MoU dengan Jepang, dan kita akan selesaikan dalam satu tahun desainnya," ujar Menhub di Jakarta Convention Center, Jumat (13/9/2019).

Dia mengungkapkan, Jepang meminta waktu dua tahun untuk studi kelayakan (feasibility study/FS) dan pembebasan tanah. Namun, dirinya menegaskan mengenai studi kelayakan harus dilakukan secepatnya.

"Mereka minta pembebasan tanah sama FS-nya dua tahun. Kita minta lebih pendek, kalau bisa satu tahun," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menegaskan, kereta cepat akan mengungguli transportasi lainnya. Salah satunya adalah kereta semicepat Jakarta-Surabaya yang bakal jadi pesaing maskapai penerbangan.

Industri penerbangan tidak hanya bersaing dengan usaha yang sama-sama bergerak dalam satu sektor. JK pun meminta agar perusahaan transportasi membenahi pelayanan agar berdaya saing.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5407 seconds (0.1#10.140)