alexametrics

Perijinan Industri Waralaba Bakal Lebih Sederhana

loading...
Perijinan Industri Waralaba Bakal Lebih Sederhana
Ilustrasi salah satu waralaba merek kuliner Thailand
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal menyederhanakan aturan perizinan yang mempersulit masuknya investasi dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya penyederhanaan Permendag Nomor 53 tahun 2012 tentang penyelenggaraan waralaba. Pasalnya, perizinan ini memberatkan industri waralaba untuk kelas menengah.

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag Karyanto Suprih mengatakan, regulasi itu rencananya akan disosialisasikan bulan September atau paling lambat akhir tahun ini.

"Sudah finalisasi. Saya kira tahun ini bisa ya, bulan ini bahkan. Tujuannya agar waralaba di Indonesia terus meningkat," ujar Karyanto di Jakarta Convention Center, Jumat (13/9/2019).



Sambung dia menambahkan, Kemendag mendukung pertumbuhan waralaba di Indonesia, salah satunya dengan perizinan yang semakin disederhanakan.

"Semua sudah ada regulasinya, tapi prinsipnya adalah bagaimana menyederhanakan regulasi tersebut agar tidak sampai berbelit-berbelit," jelasnya.

Dia pun menegaskan penyederhanaan regulasi untuk usaha waralaba mesti segera dilaksanakan untuk menumbuhkan konsumsi dalam negeri.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak