alexametrics

Platform Digital untuk Meraih Pasar Lebih Luas

loading...
Platform Digital untuk Meraih Pasar Lebih Luas
Platform Digital untuk Meraih Pasar Lebih Luas
A+ A-
JAKARTA - Sejak awal berdiri, Blibli.com memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dalam satu ekosistem digital. Dari menyediakan kategori khusus penjualan produk lokal Galeri Indonesia; menggelar kompetisi creativepreneur bagi pelaku kreatif lokal melalui kompetisi The Big Start Indonesia (TBS); hingga kegiatan sosialisasi mengajak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk dunia daring.

Berbagai inisiatif bagi kemajuan produk lokal dan creativepreneur ini berbuah apresiasi dari Bank Indonesia berupa penghargaan untuk Penyelenggara Platform Digital Teraktif dalam Mendorong Pengembangan UMKM Indonesia melalui Pemanfaatan Platform Perdagangan berbasis Elektronik pada tahun lalu (2018).

Sementara bagi pelaku creativepreneur, era digital membuka dan memperluas pasar ke seluruh Indonesia. Kuliner adalah contoh usaha dari UMKM yang kini merambah dunia daring. Seperti Devi Maharani, pemilik Dapur Cihuuyy, era digital memberikan banyak sekali hasil positif untuk usahanya yang bergerak di bidang kuliner berupa sambal olahan dan aneka makanan olahan yang berbahan dasar daging sapi dan ayam.



“Sebagai pemilik bisnis kuliner Dapur Cihuuyy, saya menyesal tidak dari dulu berjualan online di Blibli.com. Berjualan di Blibli.com sama seperti punya reseller. Saya bergabung karena merasa angka penjualan produk saya di situ-situ saja, setelah bergabung terjadi peningkatan sekitar 10–15%,” ucap Devi.

“Saya juga diberikan kesempatan untuk berjualan offline. Saya diajak untuk mengikuti pameran sehingga memperluas market saya, seperti di Pekan Raya Jakarta (Jakarta) dan di Sydney, Australia, oleh Blibli.com,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dian Praptiwi, pemilik Kizz Tempe. Perempuan yang membuat camilan keripik tempe dengan empat varian rasa ini merasa semakin memperluas pasarnya melalui penjualan daring di Blibli.com. “Pendampingan dari pihak Blibli.com inilah yang memudahkan saya. Soal pembayaran juga diurus oleh Blibli.com, dan konsumen diberikan keringanan berupa bebas ongkir,” jelas Dian.

Pendampingan dari tim kategori Galeri Indonesia di Blibli.com juga dirasakan oleh Amril, pemilik Rendang Kemasan Restu Mande, yang bergabung menjadi merchant partner Blibli.com awal tahun ini. “Kami tak memiliki kendala ketika pesanan meningkat karena kami memang memiliki stok. Jadi, berjualan online itu sangat perlu karena memang sekarang zamannya orang berbelanja online,” tutur Amril.

Selain produk kuliner, usaha yang juga menggunakan e-commerce dalam meningkatkan pasar adalah usaha furnitur dan dekor. Mendekor dan Setapak 9 adalah beberapa di antara creativepreneur yang menjadikan Blibli.com sebagai partner. Founder Mendekor, Brian Karno Jan, sangat terbantu dengan fasilitas bebas ongkir yang disediakan oleh Blibli.com.

“Saya membuat Mendekor karena saya prihatin dengan para perajin lokal yang banyak kehilangan pekerjaan dan hasil karya mereka kurang dihargai. Jadi, saya mengumpulkan para perajin di beberapa kota dan membuat Mendekor,” paparnya.

“Awalnya memang sulit mengumpulkan perajin, tapi saya berhasil meyakinkan mereka. Saya bergabung dengan Blibli.com sekitar awal atau pertengahan 2016. Saya memilih transaksi online karena modal tak besar serta lebih efektif dan efisien,” lanjut Brian, yang merupakan peserta TBS Season 1.

Serupa dengan pemilik Mendekor. Joni Martono, pemilik Setapak 9 juga merupakan jebolan TBS. Dia juara ketiga dari TBS Season 3. Setapak 9 adalah bisnis penyedia batu pijakan dan dekorasi dinding yang bisa dibuat berdasarkan keinginan konsumen. “Saya tentu saja semakin percaya diri. Saya sempat menjadi narasumber serta juri untuk acara wirausaha tingkat pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta. Saya juga menjadi rujukan untuk teman-teman yang ingin memulai usaha,” papar Joni.

Head of PR Blibli.com Yolanda Nainggolan mengungkapkan, kemudahan bergabung bersama mal daring memudahkan pelaku UMKM lokal dan creativepreneur untuk fokus pada produk dan kualitas kontrol. Sedangkan Blibli.com akan membantu memaksimalkan usaha para creativepreneur melalui dukungan pemasaran, pengiriman, transaksi pembayaran, dan pengiriman bebas ongkir “Pelanggan adalah No#1 (Customer First)”.

Pengalaman belanja yang nyaman dan memuaskan kami tawarkan melalui fasilitas Cicilan 0%, Cicilan Tanpa Kartu Kredit, produk berkualitas terjamin dengan 100% orisinal, beragam cara pembayaran yang aman, jaminan 15 hari pengembalian produk sejak diterima, dan dukungan Customer Care 24 jam/7 hari, serta bebas ongkos kirim dan pengiriman cepat sampai.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak