Akibat Kabut Asap, Menhub: Operasional Penerbangan di Kalimantan Lumpuh

Minggu, 15 September 2019 - 14:27 WIB
Akibat Kabut Asap, Menhub: Operasional Penerbangan di Kalimantan Lumpuh
Akibat Kabut Asap, Menhub: Operasional Penerbangan di Kalimantan Lumpuh
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan aktivitas penerbangan di Kalimantan mengalami gangguan akibat kabut asap yang telah terjadi dalam satu pekan terakhir. Bahkan dia mencatat, untuk penerbangan di Pontianak, Kalimantan lumpuh

Pasalnya kabut asap timbul akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan belum mereda sampai saat ini. "Yang terparah itu Kalimantan, di Pontianak karena itu penerbangannya di cancel semua dan ini kita terbitkan sesuai yang sudah kita tetapkan," ujar Menhub Budi di Senayan JCC, Minggu (15/9/2019).

Sambung dia menambahkan untuk jadwal penerbangam di wilayah Sumatera sudah beroperasi normal. Hal ini seiring kabut asap yang di wilayah Sumatera mulai mereda. "Untuk update informasi saat ini, Riau itu udah beroperasi normal walaupun tadi ada yang ditunda. Dibatalkan pas pagi hari, tapi saat ini sudah beroperasi," jelasnya

Dia pun saat ini mengaku belum menghitung kerugian maskapai penerbangan yang membatalkan atau menunda jadwal terbang di Sumatera dan Kalimantan. "Saya belum hitung, nanti ada tim yang menghitung," tandasnya.

Sebelumnya upaya penanggulang telah dilakukan, dimana puluhan helikopter water bombing dan patroli dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di enam Provinsi yang semakin meluas pada Jumat (13/9). Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) puluhan helikopter tersebut dikerahkan di enam provinsi masing-masing, Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng dan Kalsel.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)