alexametrics

Sembilan Tanda Perusahaan Akan Alami Kebangkrutan

loading...
Sembilan Tanda Perusahaan Akan Alami Kebangkrutan
Jika Anda cukup teliti dan jeli, tanda-tanda dan ciri-ciri perusahaan akan bangkrut sebenarnya dapat terdeteksi sedari dini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Saat memulai dan membangun sebuah usaha, tentunya tidak ada yang menginginkan perusahaan tersebut mejadi bangkrut dan terhenti begitu saja. Namun jika Anda cukup teliti dan jeli, tanda-tanda dan ciri-ciri perusahaan akan bangkrut sebenarnya dapat terdeteksi sedari dini.

Pasalnya, ada banyak sekali penyebab usaha tidak berkembang yang terkadang luput dari penglihatan kita sebagai seorang yang terjun di dalam dunia tersebut. Banyaknya faktor penyebab yang bisa menyebabkan adanya kebangkrutan dalam sebuah perusahaan, baik itu faktor dari dalam maupun beberapa faktor eksternal yang menjadi penghambat lancarnya perkembangan sebuah perusahaan.

Dilansiar AJC, berikut 9 tanda perusahaan akan bangkrut :



1. Mundurnya Para Petinggi Perusahaan

Biasanya para petinggi dan memiliki perananan penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Jadi jika mereka sudah mundur, boleh jadi ini sebuah pertanda dimana kebangkrutan akan segera terlaksana. Apalagi jika mereka mundur secara massal dan tidak lagi membantu dalam perkembangan perusahaan tersebut.

2. Pemotongan Biaya Secara Dadakan

Biasanya pihak perusahaan yang sedang mengalami kesulitan financial akan memotong sebisa mungkin semua anggaran yang dianggap tidak perlu atau tidak dibutuhkan. Jika semua biaya seperti biaya lembur, biaya makan siang, biaya jalan-jalan dan bahkan beberapa biaya penting seperti anggaran gaji terpoton. Maka ini merupakan salah satu tanda jelas ketika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan

3. Alur Komunikasi Berubah

Beberapa tanda yang mengarah ke sebuah PHK, salah satunya adalah bahwa komunikasi yang dulu disampaikan secara lisan atau secara langsung sekarang tiba-tiba melalui email atau memo.

4. Tagihan Pembayaran Gedung Terbengkalai

Jika suatu vendor mulai bersuara tentang tidak dibayar, maka itu tanda perusahaan anda akan bangkrut. Tetap berhubungan dengan agen pembelian dan akuntan di perusahaan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan arus kas dan apakah perusahaan mendekati akhir.

5. Adanya Rekrutasi Besar-besaran

Biasanya perusahaan yang terancam bangkrut akan melakukan rekrutasi secara besar-besaran dan mendadak. Akan ada pimpinan baru yang akan menghandle setiap aktifitas penting di dalam industri tersebut. Karena pergantian atau rekrutasi secara mendadak adalah langkah awal antisipasi pihak manajemen dalam mempertahankan perusahaan dari berbagai kendala atau sebuah keadaan terburuk yaitu kebangkrutan.

6. Visi dan Misi Perusahaan Berubah Bisnis

Sebuah bisnis hebat mungkin memperbarui satu atau dua logo, tetapi jika Anda pernah dipanggil ke semua sesi di seluruh karyawan di mana visi 'Baru' yang tidak sesuai dengan alur bisnis. Maka itu pertanda perusahaan akan bangkrut.

7. Pintu Ditutup Saat Rapat

Ketika setiap hari tampaknya membawa lebih banyak pertemuan eksekutif yang sangat rahasia, perusahaan mungkin dalam kesulitan. Valerie Streif, penasihat senior di perusahaan pencari kerja The Mentat, mengatakan jika ada banyak pertemuan rahasia digabungkan dengan respons yang tidak jelas ketika Anda bertanya apa yang terjadi di balik pintu tertutup, Anda harus menerima sinyal ini dengan lebih serius.

8. Alur Kerja Melambat

Jika Anda memperhatikan tidak ada yang peduli bahwa Anda sering bermain di Facebook, YouTube atau Twitter, perusahaan Anda mungkin akan bangkrut. Alex Twersky, salah seorang pendiri dan Wakil Presiden di Resume Deli, mengatakan setiap kali ada lebih sedikit pekerjaan yang sedang berlangsung, dari lebih sedikit email di kotak masuk ke lebih sedikit pertemuan di kalender, perusahaan Anda mungkin menghadapi masalah.

9. Banyak Masalah Terbengkalai

Ketika perusahaan mengalami kegagalan dalam keuangan, maka banyak hal yang akan menjadi kendala. Salah satu tanda paling nyata adalah adanya beragam masalah yang tiba-tiba tidak bisa di selesaikan atau mengalami penundaan keputusan. Pihak atasan dan manajemen perusahaan yang gagal akan lebih sulit memutuskan berbagai persoalan penting. Bahkan tak jarang banyak proyek-proyek besar dan penting yang mengalami kesulitan hingga dibatalkan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak