alexametrics

Pertamina Beli Minyak Mentah 650.000 Barel dari ExxonMobil di Blok Cepu

loading...
Pertamina Beli Minyak Mentah 650.000 Barel dari ExxonMobil di Blok Cepu
Pembelian minyak mentah dari EMCL untuk memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan membeli minyak mentah dari ExxonMobil merupakan bagian dari Blok Cepu sebesar 650.000 barel. Pembelian perdana tersebut akan dilakukan pada 20 September 2019 mendatang.

"Pertamina telah melakukan kesepakatan untuk pembelian minyak mentah Banyu Urip ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sebesar 650.000 barel," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Menurut dia pembelian minyak mentah tersebut untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak di dalam negeri. Kebijakan tersebut telah diatur melalui Peraturan Menteri ESDM No 42 Tahun 2018 tentang prioritas pemanfaatan minyak bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri. "Nantinya minyak mentah tersebut direncanakan untuk diolah di kilang RU V Balikpapan," kata dia.



Berdasarkan laporan perseroan hingga awal Agustus lalu, total volume minyak mentah yang telah dibeli perseroan mencapai 123.600 barel bph dari 39 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Hal senada juga dipertegas oleh Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto.

Djoko mengatakan bahwa pembeliam crude dari ExxonMobil guna memperkuat pasokan minyak di dalam negeri jika terjadi gangguan impor dari luar negeri seperti serangan pada fasilitas kilang minyak milik Saudi Aramco di Arab Saudi akhir pekan lalu.

"Kalau nanti ada gangguan kita akan beli minyak dari ExxonMobil di Cepu. Di situ ada bagian Exxon, nanti kita beli minyaknya Exxon kalau itu terganggu," ujar dia.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak