alexametrics

Kepala Bappenas Kembangkan Enam Kota Metropolitan Baru di Luar Jawa

loading...
Kepala Bappenas Kembangkan Enam Kota Metropolitan Baru di Luar Jawa
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebutkan, hingga lima tahun ke depan pemerintah akan kembangkan enam kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebutkan, hingga lima tahun ke depan pemerintah akan kembangkan enam kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa. Hal ini semata-mata sebagai upaya untuk menggenjot investasi di Tanah Air.

Keenam kota metropolitan di luar Jawa yakni, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Makassar dan Manado. "Lima tahun ke depan kita akan banyak kembangkan kawasan di luar jawa, ada 6 kota metropolitan," ujar Bambang Brodjo di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, alasan enam kota itu akan dijadikan metropolitan baru yakni untuk meningkatkan sektor pertumbuhan ekonomi yang merata di wilayah Indonesia. "Sekarang Jabodetabek tidak layak jadi metropolitan, sekarang lebih ke barat dan timur dan selatan. Jadi Jakarta itu nanti seperti New York," jelasnya.



Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa Ibu Kota negara bakal dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Sebagai informasi, 58% dari pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih berada di Pulau Jawa.

Pasalnya masyarakat kerap datang ke kota-kota besar di Pulau Jawa. Dengan adanya 6 kota metropolitan ini diyakini bisa mampu menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi. Lewat pemindahan ibu kota ini, pemerintah tidak ingin mengulangi kesalahan seperti di Jakarta.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak